Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Pilih Perempuan Kelahiran Taipei sebagai Menteri Transportasi

Kompas.com - 30/11/2016, 12:52 WIB
Ericssen

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com — Elaine Chao dipercaya Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump, untuk memangku jabatan Menteri Transportasi.

Politico melaporkan pada Selasa (29/11/2016) malam waktu setempat, Chao bertemu dengan Trump di Trump Tower pada pekan lalu untuk membahas masalah perburuhan dan transportasi.

Chao akan menjadi wanita ketiga di kabinet Trump setelah calon duta besar untuk PBB, Nikki Haley, dan Menteri Pendidikan Betsy DeVos.

Baca: Trump Pilih Perempuan yang Kerap Mengkritiknya untuk Jadi Dubes PBB

Wanita kelahiran Taipei, Taiwan, itu bukanlah nama baru di kancah politik AS. Bisa dikatakan, dia merupakan veteran kabinet Republiken.

Politisi berusia 63 tahun ini adalah warga keturunan Asia-Amerika pertama yang dipercaya menjadi menteri sepanjang sejarah AS.

Chao menjabat sebagai Menteri Perburuhan selama delapan tahun di kabinet George W Bush dari 2001 hingga 2009.

Dia juga merupakan Deputi Menteri Transportasi di kabinet Presiden Bush Senior pada 1989-1991.

Chao pun tidak lain adalah istri Mitch McConnell, pemimpin mayoritas Senat AS dan salah satu politisi Republiken terkuat di Kongres.

McConnell menyatakan bangga terhadap pemilihan istrinya dan menjamin netralitas ketika Senat melakukan voting untuk mengonfirmasi Chao.

Chao akan menghadapi tugas besar menjalankan agenda pembangunan infrastruktur AS yang merupakan salah satu janji ambisius Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com