Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Kepala Negara yang Datang ke Pemakaman Fidel Castro?

Kompas.com - 29/11/2016, 11:00 WIB

HAVANA, KOMPAS.com - Sejumlah kepala negara dari negara di Afrika dan Amerika Latin akan menghadiri acara penghormatan terakhir untuk tokoh revolusi dan mantan Presiden Kuba, Fidel Castro, Selasa waktu setempat. 

Namun, Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan sejumlah kepala negara/pemerintahan di Eropa dipastikan tak akan terbang ke Havana.

Diberitakan AFP, tiga hari setelah berpulangnya Fidel Castro dalam usia 90 tahun, daftar tamu yang akan datang dapat menggambarkan dampak polarisasi perang dingin.

Barack Obama 
Meski Presiden AS ini bersama adik Fidel Castro, Raul, telah menormalisasi hubungan kedua negara, tetapi Obama dipastikan tak akan hadir dalam acara yang digelar di Revolution Square, Havana.

Pihak Gedung Putih pun tak menyebut apakah AS akan mengirim perwakilan untuk datang dalam acara itu. 

Justin Trudeau
Perdana Menteri Kanada ini mengunjungi Kuba bulan lalu. Dia menuai kritik ketika menyebut Fidel Castro sebagai pemimpin yang luar biasa.

Kanada akan mengirimkan Gubernur Jenderal David Johnston untuk hadir dalam acara ini.

Francois Hollande
Presiden Perancis ini pernah bertemu Fidel Castro di sela kunjungannya ke Havana pada Mei tahun 2015.

Namun, dia tak akan hadir dan mengirim perwakilan Jean-Pierre Bel, selaku Duta Besar wilayah Amerika latin, pada Selasa dan Menteri Lingkungan Segolene Royal pada Minggu di Santiago de Cuba, di mana abu Castro akan disimpan.  


Angela Merkel
Kanselir Jerman ini mengirimkan mantan Kanselir Gerhard Schroeder untuk hadir ke Havana sebagai perwakilan negara. 

Mariano Rajoy
Perdana Menteri Spanyol mengirimkan mantan Raja Juan Carlos. 

Alexis Tsipras
Perdana Menteri Yunani yang berasal dari kelompok sayap kiri ini menjadi satu-satunya pemimpin negara di Eropa yang akan hadir di Havana. 

Amerika Latin
Pemimpin dari sekutu sayap kiri Kuba di Amerika Latin akan bergabung di Havana. Mereka adalah Presiden Ekuador Rafael Correa, Presiden Bolivia Evo Morales, Presiden Nikaragua Daniel Ortega, dan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Sementara dari negara lain di kawasan itu, ada Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto.

Lalu, Presiden Kolombia Juan Manuel Santos, di mana pemerintahnya tengah menjajaki kesepakatan damai dengan pemberontak FARC yang ada di bawah naungan Kuba. 

Afrika

Presiden terlama di Zimbabwe, Robert Mugabe, Pemimpin veteran Equatorial Guinea Teodoro Obiang Nguema, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, dan Presiden Kenya Uhuru Kenyatta akan hadir dalam upacara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com