Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Warga Kuba Beri Penghormatan untuk Castro, Trump Umbar Ancamannya

Kompas.com - 29/11/2016, 08:38 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan menghentikan kesepakatan antara Amerika Serikat dan Kuba, saat dia resmi menjabat sebagai Presiden AS pada Januari mendatang.

Trump mengatakan, keputusannya itu tergantung dari keinginan pemerintah Havana untuk meningkatkan kesepakatan menjadi lebih baik bagi rakyat Kuba, dan warga Kuba yang tinggal di AS, serta bagi AS.

Pemulihan hubungan diplomatik kedua negara, hingga dibukanya kembali kedutaan besar masing-masing telah diupayakan oleh Presiden Barack Obama. Obama pun berkunjung ke Havana pada Maret 2016 lalu.

Namun Trump menulis pesan di akun Twitter-nya dan mengumbar ancamannya itu, 

Dia menyampaikan ancaman itu ketika ribuan warga Kuba antre untuk menyampaikan penghormatan terakhir kepada pemimpin revolusi Kuba, Fidel Castro, yang meninggal dunia, Jumat (25/11/2016) lalu.

"Jika Kuba tidak membuat kesepakatan yang lebih bagi rakyat Kuba, warga Kuba/AS, dan AS secara keseluruhan, saya akan menghentikan kesepakatan," tulis Trump.

Pada masa-masa akhir kampanye, calon presiden dari Partai Republik ini berjanji akan mengkaji kebijakan pemerintahan Obama atas Kuba.

Baca: Tengok, Beda Trump dan Obama Saat Sikapi Wafatnya Fidel Castro

Namun, di masa awal kampanye dia pernah mengaku tidak punya masalah dengan kebijakan atas Kuba.

"50 tahun sudah cukup, kawan-kawan," kata dia dalam debat televisi yang disiarkan CNN kala itu.

Kendati demikian, dalam beberapa jam setelah Fidel Castro dikabarkan meninggal dunia, Trump menyebutnya sebagai seorang diktator yang brutal.

Dalam kunjungan bersejarahnya ke Kuba, Presiden Obama mengatakan perubahan akan terjadi di Kuba dan Presiden Raul Castro -adik Fidel Castro- memahaminya.

Hubungan AS dan Kuba terputus sejak tahun 1961, pada masa Perang Dingin antara negara-negara komunis dan kapitalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com