Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Perancis Gagalkan Rencana ISIS Serang Disneyland Paris

Kompas.com - 24/11/2016, 21:59 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Sejumlah anggota sel Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang ditangkap akhir pekan lalu di Perancis berencana untuk menyerang Disneyland Paris dan Champ Elysees pada 1 Desember mendatang.

Sebanyak tujuh orang tersangka yang berasal dari Perancis, Maroko, dan Afganistan ditangkap di kota Strasbourg dan Marseilles dalam serangkaian penggerebekan pada Sabtu (18/11/2016).

Menteri dalam negeri Bernard Cazeneuve dalam jumpa pers mengatakan, penangkapan itu adalah buah dari pengawasan selama delapan bulan.

Kelompok ini juga berencana menyerang pusat dinas kontra-intelijen, markas kepolsian, dan gedung mahkamah agung yang letaknya berdekatan.

Sejumlah sumber kepolisian mengatakan, target dan waktu serangan diperoleh dari informasi yang ditemukan di dalam sebuah telepon pintar.

Sumber-sumber keamanan Perancis membenarkan beberapa tersangka memang pernah bertempur di Suriah dan terkait dengan serangan teror November 2015 yang menewaskan 130 orang.

Penangkapan itu dipicu "keresahan" kelompok ini yang sedang menunggu pengiriman senjata.

Dalam penggerebekan itu, polisi menemukan dua pistol, satu pucuk senapan otomatis, sepucuk pistol otomatis, dan bahan-bahan propaganda.

Sejak awal tahun ini, aparat keamanan Perancis sudah menangkap 418 orang yang diduga terkait dengan jaringan teror.

Khusus sepanjang November, kepolisan sudah menangkap sebanyak 43 orang tersangka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com