Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Berusia 23 Tahun Kepalai Badan Anti-korupsi Ukraina

Kompas.com - 24/11/2016, 18:14 WIB

KIEV, KOMPAS.com - Seorang pengacara perempuan berusia 23 tahun terpilih sebagai kepala badan anti-korupsi Ukraina.

Penunjukan Anna Kalynchuk ini ditentang sebagian masyarakat Ukraina yang menganggapnya tidak memenuhi syarat dan terlalu muda.

Dia akan memimpin departemen "pembersihan" Ukraina, yang bertujuan menyingkirkan para pejabat yang tersangkut korupsi.

Korupsi merupakan masalah utama yang diprotes para pengunjuk rasa yang membuat Presiden Viktor Yanukovych terguling dari kekuasaan pada Februari 2014.

Penunjukan Kalynchuk terjadi sehari setelah Anastasia Deyeva (24) diangkat sebagai wakil menteri dalam negeri, salah satu jabatan tertinggi yang membidangi polisi dan keamanan.

Penunjukan Deyeva oleh Menteri Dalam Negeri Arsen Avakov ditanggapi dengan kemarahan sebagai kalangan, yang diwarnai dengan penyebaran foto bugil Deyeva di media sosial.

Style Insider/BBC Penunjukan Anastasia Deyeva (24) sebagai wakil menteri dalam negeri Ukraina menimbulkan pro dan kontra.

Selain foto-foto pribadinya yang diedarkan di media sosial, ia juga merupakan mdel dari sejumlah foto di situs berita gaya hidup Ukraina, Style Insider.

Menteri Dalam Negeri Avakov menyebut, penunjukan Deyeva membawa udara segar bagi Ukraina, tapi hal itu tidak memuaskan mereka yang mempertanyakan faktor lain di balik pengangkatannya.

Analis politik Ukraina, Vadim Karasyov mengatakan pada Associated Press bahwa politik Ukraina semakin menyerupai pertunjukan sirkus, dengan badut-badut yang muncul menggantikan para profesional yang frustrasi.

Anastasia Deyeva diangkat sebagai wakil mendagri pada 11 November, setelah menjadi asisten mantan wakil menteri yang mengundurkan diri awal tahun ini.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, pendahulunya memberikan berbagai pujian terkait kemampuan Deyeva sebagai seorang negosiator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com