Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Surat Terbuka, Korut Minta AS Hentikan Ancaman Serangan Nuklir

Kompas.com - 23/11/2016, 11:17 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara dikabarkan mengirimkan surat kepada pemerintah AS dengan tuntutan untuk menghentikan ancaman terkait senjata nuklir terhadap negeri itu.

Banyak pihak menyebut surat ini merupakan pesan langsung untuk presiden terpilih Donald Trump yang berisi keinginan Korut dari pemerintahan baru AS.

Surat itu dipublikasikan kantor berita Korea Utara KCNA berisi sejumlah tuntutan dan tuduhan terhadap pemerintah AS.

Dalam surat itu pemerintah Korea Utara mengklaim, pemerintahan Barack Obama berniat menggulingkan Kim Jong Un.

Surat itu juga menyebut bahwa lima tahun setelah kematian Kim Jong Il, negeri itu menjalani konfrontasi habis-habisan dengan Amerika Serikat.

Kondisi itu, masih menurut surat tersebut, terjadi sebagai upaya Korea Selatan mengatasi ancaman serangan nuklir yang terus menerus dari Washington.

"Menyusul pemilihan presiden AS, Korea Utara mencoba secara tidak langsung menekan pemerintahan baru AS terkait kebijakan terhadap negeri itu," ujar juru bicara Kemenlu Korea Selatan, Cho June-hyuck.

"Korea Utara nampaknya ingin menguji AS dalam bentuk memorandum kementerian luar negeri menjelang terbentuknya pemerintahan Donald Trump," tambah Cho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com