Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diguncang Gempa 6,9 SR, Jepang Rilis Peringatan Tsunami

Kompas.com - 22/11/2016, 06:23 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Gempa besar bermagnitudo 6,9 mengguncang Jepang timur laut, Selasa (22/11/2016) pukul 05.59 waktu setempat seperti dirilis badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Sementara pihak berwenang Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk pantai kawasan pantai timur laut, termasuk prefektur Fukushima, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Tsunami sekitar tiga meter diprediksi dapat melanda pantai Jepang timur laut, kata Badan Meteorologi Jepang. Wilayah potensial dilanda tsunami itu termasuk Fukushima.

Bunyi sirene sebagai peringatan tentang adanya potensi ancaman tsunama menggema ke seluruh kota di Fukushima.

Di kota itu terdapat pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, yang sebelumnya pernah diguncang gempa sehingga menyebabkan kebocoran atau bencana nuklir terburuk di dunia.

Sejauh ini, menurut laporan NHK, beberapa gelombang tsunami, yang terbesar setinggi 90 sentimeter (cm) telah melanda pantai timur laut.

USGS mengatakan, gempa 6,9 pada skala Richter (SR) itu berada cukup dangkal yakni 11,3 kilometer di Pasifik, lepas pantai Fukushima.

Badan Meteorologi Jepang awalnya memperkirakan kekuatan gempa adalah 7,3 SR.

Gempa terasa hingga mengguncang di gedung-gedung di Tokyo, namun belum ada laporan tentang kerusakan atau warga yang cedera. Juga tak ada  kerusakan yang signifikan di PLTN Fukushima.

Pada Maret 2011, Jepang juga diguncang gempat besar yang memicu gelombang tsunami dasyat sehingga lebih dari 18.000 orang tewas atau hilang dan tiga reaktor di PLTN Fukushima rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com