Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Pernikahan Anak Pengusaha India Ini Mencapai Rp 1 Triliun

Kompas.com - 17/11/2016, 16:31 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Sebagian besar orang di dunia ini kemungkinan akan menyebut pesta pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton merupakan pesta termahal di dunia.

Pendapat itu tak salah, apalagi pesta pernikahan putra sulung Putri Diana itu dikabarkan memakan biaya sebesar 20 juta poundsterling atau sekitar Rp 332 miliar.

Namun, ternyata ada pesta pernikahan yang menelan biaya jauh di atas pesta pernikahan keluarga kerajaan Inggris. Pesta pernikahan itu digelar di Bangalore, India.

Pesta pernikahan dengan biaya nyaris mencapai Rp 1 triliun itu adalah milik Rajeev Reddy dan tunangannya Brahmani.

Rajeev adalah putri dari Gali Janardhan Reddy mantan politisi yang sukses menggeluti bisnis tambang itu. Dia menggelar pesta pernikahan itu selama lima hari.

Reddy mengundang 50.000 orang tamu dan mempekerjakan 3.000 orang penjaga keamanan dalam pesta yang dimulai pada Kamis (17/11/2016) itu yang digelar di Istana Bangalore, di wilayah selatan India.

Dari para tamu yang diundang, tampak para bintang Bollywood yang hadir setelah mendapatkan surat undangan berlapis emas yang dilengkapi layar LCD yang menampilkan video pasangan pengantin itu.

Menurut sejumlah media di India, video pendek yang digunakan sebagai undangan itu memperlihatkan mempelai perempuan mengenakan sejumlah pakaian mewah dan sang mempelai pria dikelilingi lima ekor kuda putih.

Surat undangan yang unik itu adalah salah satu hal yang membuat biaya pernikahan ini begitu mahal.

Selain itu, Reddy membayar delapan sutradara ternama Bollywood untuk merancang lokasi dan menciptakan pesta pernikahan yang spektakuler.

Para tamu undangan juga akan diarak berkeliling lokasi pesta dengan menggunakan kereta mewah yang ditarik lembu jantan menuju sebuah desa buatan untuk menyantap makanan yang sudah disediakan.

Secara total, pesta pernikahan itu menghabiskan biaya hampir Rp 1 triliun. Untuk apa saja uang sebanyak itu?

Untuk surat undangan yang dilengkapi layar LCD sebesar Rp 1,9 miliar, gaun pengantin Rp 33 miliar, dan perhiasan pengantin perempuan Rp 175 miliar.

Reddy mengatakan, untuk membiayai pesta pernikahan ini, dia harus menggadaikan sejumlah properti miliknya di Bangalore dan Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com