Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Turki Kembali Tangkap Wali Kota yang Dituduh Pro-Kurdi

Kompas.com - 17/11/2016, 16:04 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Kepolisian Turki, Kamis (17/11/2016), menangkap wali kota Van, wilayah timur negeri itu, yang dianggap pro-Kurdi, dalam sebuah penggerebekan yang mengincar pemimpin lokal kawasan itu.

Kantor berita Anadolu mengabarkan, wali kota yang ditangkap itu adalah Bekir Kaya yang dituduh terlibat dalam sebuah organisasi teror.

Organisasi yang dimaksud, masih menurut Anadolu, adalah Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang terlarang di Turki.

Selain itu, surat perintah penangkapan juga diterbitkan untuk empat orang pejabat lain di kota itu yang penduduknya merupakan campuran antara warga Kurdi dan Turki.

Para wali kota menjadi incaran aparat keamanan setelah 10 anggota parlemen dari Partai Rakyat Demokratik (HDP), termasuk para pemimpinnya, ditangkap karena dituduh terkait dengan PKK.

Pada Rabu (16/11/2016), wali kota Siirt di wilayah tenggara dan Tunceli di wilayah timur Turki juga ditangkap dengan tuduhan serupa.

Sedangkan bulan lalu, dua wali kota Diyarbakir juga ditangkap dengan tuduhan serupa yaitu terkait dengan PKK.

Kementerian dalam negeri Turki mengatakan, pemerintah sudah menempatkan para pejabat baru di posisi-posisi wali kota yang lowong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com