Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Gunakan Kapal Induk untuk Serangan Besar di Suriah

Kompas.com - 15/11/2016, 22:51 WIB

SOCHI, KOMPAS.com - Rusia melancarkan serangan peluru kendali terkoordinasi terhadap para pemberontak di Suriah, Selasa (15/11/2016).

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, Moskwa untuk pertama kalinya menggunakan kapal induk dalam penyerangan di negara yang telah lebih dari lima tahun dilanda perang saudara.

Shoigu menyatakan, kapal fregat menembakkan rudal jelajah dan menerbangkan sejumlah jet tempur dari Admiral Kuznetsov, satu-satunya kapal induk Rusia, yang dilibatkan dalam pertempuran tersebut.

Beberapa rudal telah dilepaskan dari sistem rudal bergerak yang berada di darat di wilayah Suriah, seperti dilaporkan Reuters.

Saat melapor pada Presiden Vladimir Putin di Rusia selatan, Shoigu mengatakan, Rusia menargetkan beberapa titik yang berhubungan dengan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dan Front Nusra yang berubah nama menjadi Jabhat Fateh al-Sham  di Provinsi Homs dan Idlib.

"Kami melaksanakan pengamatan secara menyeluruh di semua target," kata Shoigu. "Kami berbicara tentang gudang amunisi, pusat pelatihan teroris....dan industri," ujarnya.

Shoigu menyatakan bahwa serangan akan terus berlangsung.  

Dia tidak menyebut Aleppo yang menurut kesaksian pejabat sipil dan beberapa warga juga mengalami serangan udara di beberapa distrik yang dikuasai pemberontak di wilayah timur untuk pertama kalinya dalam beberapa pekan ini.

Stasiun televisi milik pemerintah Suriah melaporkan bahwa pasukan udara Suriah melakukan serangan di Aleppo, Selasa.

Rusia menyatakan bahwa pasukan udara saat ini menghormati moratorium sepihak untuk tidak menyerang pemberontak di wilayah Aleppo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com