Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Meledak di Kuil Pakistan, Setidaknya 30 Orang Tewas

Kompas.com - 12/11/2016, 23:30 WIB

BALOCHISTAN, KOMPAS.com - Sekurangnya 30 orang tewas dan lebih dari 70 orang luka-luka dalam ledakan di sebuah kuil Shah Noorani di Balochistan, Pakistan. Beberapa di antaranya merupakan perempuan dan anak-anak, demikian laporan media Pakistan yang dilansir BBC.

Layanan bantuan darurat saat ini sedang berusaha menjangkau daerah pelosok di Kudzar. Saat kejadian, pengunjung kuil sedang menggelar ritual dhamal. Ritual ini dilakukan oleh kelompok aliran keagamaan di Pakistan.

Wartawan BBC mengatakan pengunjung dari berbagai daerah telah berbondong-bondong menuju kuil tersebut. Momentum itu diduga dimanfaatkan oleh pihak yang tak menyukai aktivitas upacara tersebut.

Para korban yang menderita luka parah diangkut ke rumah sakit di Karachi  yang berjarak sekitar 100 kilometer dari lokasi.

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif mengutuk serangan tersebut dan menyerukan upaya penyelamatan cepat.

Imran Khan, mantan pemain kriket dan ketua sebuah partai di Pakistan, mengutuk serangan yang ditargetkan kepada masyarakat lokal. Sejauh ini, tudingan mengarah kepada kelompok-kelompok ekstremis di provinsi Balochistan yang selama ini telah telah sering menarget korban dari warga sipil.

Serangan sebelumnya telah terjadi pada bulan Oktober yang menewaskan puluhan orang dalam serangan terhadap sebuah perguruan tinggi polisi di kota Quetta. Juga, pada bulan Agustus, serangan dilakukan terhadap rumah sakit yang menewaskan 70 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com