Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Sasar Pasukan Perdamaian PBB, 32 Luka, 1 Bocah Perempuan Tewas

Kompas.com - 09/11/2016, 09:58 WIB

GOMA, KOMPAS.com - Seorang bocah perempuan berusia tujuh tahun tewas dalam sebuah ledakan yang terjadi di Goma, wilayah di timur Republik Demokratik Kongo.

Selain menewaskan satu murid sekolah dasar, ledakan itu juga melukai 32 anggota pasukan perdamaian PBB asal India yang bertugas di wilayah Distrik Kyshero, Goma.

Seperti diberitakan AFP, ledakan terjadi sekitar pukul 6.30 waktu setempat, atau kira-kira 12.30 WIB, Selasa (8/11/2016).

"Sebuah ledakan terjadi pagi hari, saat pasukan perdamaian PBB dari India sedang melakukan latihan pagi," demikian pernyataan tertulis pasukan perdamaian MONUSCO.

"Ledakan menyebabkan seorang anak tewas, sau warga sipil dan 32 anggota pasukan terluka."

Disebutkan pula, ada lima korban luka yang dilarikan ke Rumah Sakit MONUSCO, karena mengalami luka parah. 

Sejumlah saksi mata menyebutkan, bocah perempuan yang tewas itu sedang dalam perjalanan menuju ke sekolah ketika ledakan terjadi.

Sebuah sumber yang dekat dengan MONUSCO menyebut serangan itu sengaja ditargetkan kepada pasukan penjaga perdamaian pada saat mereka tidak bersenjata.

Sember itu juga menyebut, bom rakitan tersebut disembunyikan di dalam kaleng dan diledakkan dari jarak jauh, menggunakan remote control

Ada lebih dari 20.000 anggota pasukan perdamaian PBB yang bertugas di negeri itu. Mereka pertama kali dikerahkan para tahun 1999.

Tugas mereka adalah melindungi warga sipil dan melucuti senjata dari kelompok pemberontak dan kelompok sempalan, dalam konflik yang telah terjadi selama dua dekade terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com