Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

26 Orang Tewas Tenggelam Saat Festival Hindu di India

Kompas.com - 08/11/2016, 10:00 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sedikitnya 26 orang tewas setelah tengelam di beberapa tempat di Negara Bagian Bihar di India Timur selama perayaan Festival Hindu Chhath Pooja, kata beberapa pejabat, Senin (7/11/2016).

"Enam orang dilaporkan tewas di Distrik Patna, lima orang tewas di Muzaffarpur, dan tiga orang lagi tewas tengelam di Khagaria dan Purnea," kata seorang pejabat di Patna, ibu kota Bihar seperti dilaporkan Xinhua, Selasa (8/11/2016).

"Sembilan orang hanyut terbawa arus sungai di delapan distrik termasuk di Saharsa, Buxar Katihar, dan Kishanganj di Bihar," kata pejabat tersebut.

Chhath pooja adalah festival kuno Hindu-Vedic, yang dirayakan di banyak negara bagian di India dan negara tetangga Nepal. Perayaan itu dimulai empat hari setelah Diwali, Festival Chaya Hindu, dan berlangsung selam empat hari.

Pemeluk Hindu memuja Dewa Matahari, berpuasa dan mandi suci, selain menyampaikan puja bagi terbit dan tenggelamnya Matahari pada saat ini.

Menurut beberapa laporan, para korban meninggal saat umat Hindu mandi di beberapa sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com