Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Karim Raslan
Pengamat ASEAN

Karim Raslan adalah kolumnis dan pengamat ASEAN. Dia telah menulis berbagai topik sejak 20 tahun silam. Kolomnya  CERITALAH, sudah dibukukan dalam "Ceritalah Malaysia" dan "Ceritalah Indonesia". Kini, kolom barunya CERITALAH ASEAN, akan terbit di Kompas.com setiap Kamis. Sebuah seri perjalanannya di Asia Tenggara mengeksplorasi topik yang lebih dari tema politik, mulai film, hiburan, gayahidup melalui esai khas Ceritalah. Ikuti Twitter dan Instagramnya di @fromKMR

Sikap Latino Giovanni Vidana

Kompas.com - 07/11/2016, 10:17 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
EditorTri Wahono

Giovanni Vidana, pemuda 21 tahun yang akrab dipanggil Gio ini adalah generasi kedua keturunan Meksiko Amerika yang tinggal di Houston—kota yang 35 persen dari 5,9 juta penduduknya berdarah Latin.

Mengikuti panasnya konflik antara Jorge Ramos, presenter berita stasiun televisi berbahasa Spanyol, dengan Donald Trump dan komentar kandidat Partai Republik yang menyerang warga Meksiko ini, saya berharap untuk bertemu dengan basis pendukung yang loyal dan kuat terhadap pencalonan Hillary Clinton dari Partai Demokrat.

Namun, kedatangan saya di Texas ini telah menunjukkan kepada saya bagaimana warga Latin—di antara banyak warga lainnya—telah terpengaruh oleh komentar-komentar negatif tanpa henti dari media seperti Fox News, dan perlunya kita memahami mereka yang berjumlah 55 juta orang ini secara hati-hati karena mereka begitu rumit dan beragam. 

Keluarga Gio merupakan keluarga besar, yang sangat Meksiko dan memiliki ikatan erat satu sama lain.

Berkeliling di lingkungan tempat tinggalnya, Gio menunjukkan pada saya rumah saudara-saudaranya. Ibunya, Sylvia Caldas yang tampak muda diusianya yang ke-43, bercerita, "Anggota keluarga kami ini sangat banyak. Jadi kalau kami mengadakan pesta, tak perlu lagi mengundang orang luar!"

Gio tinggal bersama ibu dan ayah tirinya di Spring Shadows. Sehari-harinya, dia mengikuti kuliah di Community College, dan bekerja dengan abangnya, Josh, yang berbisnis aksesoris senjata secara kecil-kecilan di online.

Spring Shadows adalah lingkungan yang didiami oleh mayoritas keturunan Meksiko-Amerika dengan model rumah satu lantai yang sederhana tapi punya halaman yang luas. Pemandangan ini sangat berbeda dengan Hedwig Village, lingkungan kulit putih Amerika yang berada di seberangnya.

Di sana sekolah-sekolah dan fasilitas pemerintah jauh lebih baik dan hampir terlihat mewah. Rumah-rumahnya lebih besar, jalan dan trotoarnya pun lebih terawat. Tapi, Gio tetap mencintai lingkungan tempat tinggalnya.

Dia bahkan tak berminat ingin tahu lebih jauh melebihi khayalannya. Perjalanannya di awal tahun selama dua pekan ke New York dan Universitas Yale untuk mengunjungi teman SMA-nya, tampaknya telah membukakan matanya. 

"Semua orang di Yale memiliki hubungan sosial dan lingkungan yang sangat produktif. Saya juga takjub dengan keramaian kota New York yang begitu berbeda dengan Houston. Tapi itu membuat saya berpikir, agar kamu bisa bertahan di kota itu maka kamu harus melakukan hal yang betul-betul spesial."

KARIM RASLAN Tiga generasi keluarga Vidana dirumah mereka
Ketika kami mampir di restoran lokal, Taqueria Cancun, untuk makan malam, Gio memesan makanan dengan berbahasa Spanyol.

"Saya mengerti dan bisa berbicara Spanyol sedikit sekali. Setelah orang tua saya berpisah, ibu saya tidak memaksa saya untuk berbicara Spanyol, seperti ayah saya. Abang saya yang tertua bercakap Spanyol dengan ayah saya setiap saat. Sekarang, setelah dewasa, saya menyadari ada jarak antara saya dengan kultur saya, yang membuat saya 'terpisah' dari identitas orang Meksiko."

Gio lalu teringat dengan Monterrey, lingkungan di mana ayahnya tinggal, dan keterkejutannya oleh kehidupan di sana yang lebih susah.

Gio hanya terdiam ketika abangnya, Josh, bercerita kepada saya tentang bisnis senjata yang mereka geluti. Josh menunjukkan berbagai aksesoris senapan otomatis AR15 yang mereka miliki dan kemudian menjelaskan kepada saya bagaimana memegang senapan secara aman.

Josh adalah seorang Libertarian—penganut paham kebebasan—yang sangat berhasrat. Dia sangat kritis terhadap pemerintahan yang “besar” dan retorika anti senjata Presiden Barrack Obama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com