Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Steven Seagal Mendapatkan Status Warga Negara Rusia

Kompas.com - 03/11/2016, 18:55 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan status warga negara untuk aktor laga Steven Seagal. Demikian pernyataan resmi Kremlin, Kamis (3/11/2016).

Aktor berusia 64 tahun itu memang kerap berkunjung ke Rusia dalam beberapa tahun terakhir dan menemani Putin di berbagai ajang turnamen bela diri.

Seagal juga berulang kali secara vokal mendukung kebijakan pemerintah Rusia dan mengkritik pemerintah Amerika Serikat.

Seagal menjadi selebriti asing yang mendapatkan status warga negara Rusia dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya, status warga negara juga diberikan kepada aktor Perancis Gerard Depardieu dan petinju AS Roy Jones Jr.

"Seagal selama beberapa tahun terakhir memang memohon untuk mendapat status warga negara Rusia," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

"Dia dikenal sangat mencintai negara ini dan tak pernah menutupinya. Dia juga seorang aktor ternama, sehingga cukup alasan untuk memberinya status warga negara," tambah Peskov.

Sejauh ini Seagal belum memberikan komentar terkait status barunya ini meski sebelumnya dia berulang kali memuji Putin saat diwawancarai media massa Rusia.

Dalam wawancara dengan stasiun televis RT pada 2013, Seagal menyebut Putin sebagai salah satu pemimpin terbaik dunia saat ini.

"Dia sangat mencintai Rusia dibanding siapapun yang saya kenal dan dia tak takut mempertahankan pendapatnya dan melakukan apa yang harus dia lakukan," ujar Seagal kala itu.

Selain urusan bela diri yang mendekatkan Seagal dengan Putin, aktor yang memeluk agama Buddha itu berulang kali berkunjung ke wilayah Rusia yang berpenduduk mayoritas Buddha.

Dia juga berkunjung ke negara tetangga sekaligus sekutu Rusia yaitu Belarus pada Agustus lalu dan mencoba sayuran lokal bersama Presiden Alexander Lukashenko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com