Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajak Pendapat Jelang Pilpres AS, Trump Ungguli Hillary

Kompas.com - 02/11/2016, 08:51 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Menurut jajak pendapat terbaru ABC, Donald Trump mengungguli Hillary Clinton untuk kali pertama sejak jajak pendapat pada Mei lalu.

Pada saat Pilpres AS semakin dekat, Trump, kandidat presiden AS dari Partai Republik, melesat satu poin dari Hillary, kandidat dari Partai Demokrat, seperti dilansir The Independent, Selasa (1/11/2016).

Meski menyadari hasil tersebut tetap dalam margin of error, ABC mengatakan, perubahan posisi adalah momen penting bagi kandidat sebab hal itu terjadi hanya seminggu jelang hari pemilihan.

Lembaga penyiar ABC selama seminggu ini telah melakukan jajak pendapat yang ketat. Hasilnya, Hillary unggul 0,4 poin di atas Trump. Namun, kini malah Trump unggul satu poin di atas Hillary.

Antusiasme terhadap kandidat Demokrat mulai meredup setelah Biro Investigasi Federal (FBI) mulai menginvestigasi kembali e-mail yang berhubungan dengan mantan Menlu AS Hillary Clinton.

. Peta Politik Electoral College AS per 30 Oktober 2016 Biru = Hillary Clinton (Demokrat) – Merah = Donald Trump (Republik) Warna biru tua serta merah tua adalah negara-negara bagian yang sudah solid berada di tangan masing-masing capres.
Jaringan penyiaran ABC, yang melakukan survei ke seluruh negeri, belum pernah menemukan Trump unggul sejak dia unggul 2 persen dalam survei pada 23 Mei lalu.

Seminggu setelah FBI dituding ikut campur tangan dalam Pemilu AS tahun ini dan e-mail Hillary hendak diperiksa kembali, lonjakan dukungan atas Donald Trump terlihat.

Menurut ABC, sebenarnya kebanyakan jajak pendapat menunjukkan dukungan yang meningkat terhadap Trump pada akhir Juli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com