Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Arab Saudi Tewaskan 60 Orang di Yaman

Kompas.com - 31/10/2016, 06:56 WIB

ADEN, KOMPAS.com – Sedikitnya 60 orang tewas akibat serangan udara koalisi Arab Saudi yang menyasar beberapa bangunan yang dikuasai pemberontak Houthi di Yaman barat.

Salah satu serangan itu menarget pusat detensi atau penjara, yang menampung para tahanan dari kelompok lawan Houthi, pemberontak yang didukung Iran, seperti dilaporkan Agence France-Presse, Minggu (30/10/2016).

"Enam puluh orang tewas dan puluhan luka-luka," kata seorang pejabat kesehatan dari Provinsi Hodeidah, daerah pesisir, di mana serangan itu telah berlangsung pada Sabtu (29/10/2016)

Sumber yang meminta namanya dirahasiakan menyebutkan, sebagian besar korban tewas dan luka adalah tahanan anti-pemberontak Houthi yang ditahan di dua sel di penjara tersebut.

Ia menambahkan, lebih dari 100 tahanan sedang dikurung di dua sel tahanan di penjara yang telah menjadi target serangan udara koalisi Arab Saudi itu.

Sebuah sumber militer Yaman yang dekat dengan pemberontak Houthi mengatakan, lebih dari 40 tahanan berada di sel penjara tadi.

Pada umumnya para tahanan itu ditangkap karena telah melakukan perlawananan keras terhadap Houthi, penguasa Hodeidah sejak akhir 2014.

Sebelumnya, pejabat kesehatan yang sama telah melaporkan bahwa 38 orang tahanan atau napi dan gerilyawan tewas dalam serangan udara di Zaidia, utara Hodeidah.

Masih belum jelas, apa alasan utama sehingga koalisi Arab Saudi menyerang pusat tahanan yang memenjarakan para narapidana anti-pemberontak itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com