Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Sederet Alutsista Paling Canggih Milik Rusia

Kompas.com - 28/10/2016, 12:19 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Sejak Vladimir Putin terpilih kembali menjadi presiden Rusia pada 2012, negara itu telah mengalami perubahan signifikan.

Salah satunya di bidang militer. Pada 2015, Rusia adalah negara dengan anggaran pertahaan terbesar keempat di dunia yaitu 66,4 miliar dolar AS.

Dengan anggaran yang besar itu, Rusia mampu membiayai 845.000 personel militer, 22.550 unit tank dan 1.339 pesawat tempur.

Berikut sederet alat perang Rusia yang paling menakjubkan.

"Hovercraft" kelas Bora

Ini sebenarnya adalah sebuah kapal berlambung ganda yang bisa diubah menjadi hovercraft dengan 68 orang awak.

Kapal berkecepatan maksimal 100 kilometer per jam ini dipersenajatai delapan misil Mosquito dan 20 misil-anti pesawat udara.

Pantsir-S1

Alat ini merupakan gabungan dari misil darat ke udara jarak menengah dan sistem persenjataan anti-pesawat udara.

Sistem pertahanan ini dilengkapi 12 misil darat ke udara berpemandu dan dua senapan mesin kaliber 30 milimeter yang efektif mengatasi pesawat terbang, helikopter, misil balistik dan rudal penjelajah.

Kapal selam "siluman"

Novorossysk, kapal selam siluman bertenaga diesel ini adalah yang pertama dari enam kapal sejenis yang diluncurkan dari galangan kapal di St Petersburg, tahun lalu.

Menurut perancangnya, teknologi "siluman" kapal selam ini bisa membuatnya secara virtual tak kasat mata saat sedang berada di permukaan air.

Jet tempur serba guna MiG-35

Jet tempur ini sangat handal dalam pertempuran udara dan memiliki kemampuan menyerang sasaran darat dengan keakuratan tinggi.

Pesawat ini bisa melesat dengan kecepatan 2.400 kilometer per jam meski bertubuh 30 persen lebih besar dari pendahulunya.

MiG-35 mampu melakukan "dogfight", menghancurkan sasaran di permukaan air atau tanah dari jarak jauh sama baiknya. Pesawat itu juga dapat digunakan untuk keperluang pengintaian udara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com