Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom di Thailand Selatan, Satu Tewas dan 19 Orang Terluka

Kompas.com - 24/10/2016, 22:33 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com  - Setidaknya satu orang tewas dan 19 orang terluka akibat satu ledakan di sebuah pasar malam di Thailand selatan, Senin (24/10/2016) malam ini.

Thailand selatan merupakan wilayah paling bergolak di negara itu, yang telah lebih dari satu dekade menjadi basis kelompok separatis Islam.

Serangan terbaru itu terjadi dua bulan setelah serangkaian serangan bom serupa yang menarget beberapa daerah wisata utama di Thailand selatan sehingga empat orang tewas dan belasan terluka, termasuk beberapa warga asing.

Menurut polisi, sebagaimana dilaporkan Reuters, serangan pada Senin malam ini terjadi pada pukul 19.00 di sebuah pasar malam di Pattani, ibu kota Provinsi Pattani.

"Bom diletakkan di dekat sebuah warung mie dan ledakan itu menewaskan seorang wanita. Kami sedang menyelidiki dan telah mengamankan tempat kejadian," kata Pakpoom Jantarangsee, seorang polisi.

Lebih dari 6.500 orang tewas dalam pemberontakan di tiga provinsi paling selatan Thailand, yakni Pattani, Yala, dan Narathiwat dalam 12 tahun terakhir.

Wilayah yang bergolak itu berbatasan dengan Malaysia dengan penduduknya mayoritas Muslim.

Pembicaraan dengan kelompok pemberontak sudah mulai dilakukan di bawah pemerintahan sipil PM Yingluck Shinawatra pada 2013, tetapi terhenti sejak kudeta militer pada Mei 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com