Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Carteran Terbang Menukik, Menghujam Bumi, dan Meledak

Kompas.com - 24/10/2016, 18:14 WIB

VALLETTA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat carteran yang disewa aparat bea dan cukai Perancis, mengalami kecelakaan di Bandara Internasional Malta, Senin (24/10/2016), sekitar pukul 13.20 WIB.

Pesawat Fairchild Metroliner Mark III yang terdaftar di Amerika Serikat dan disewakan sebuah perusahaan di Luxemburg itu terbang menukik, dan lalu menghujam bumi.

Seketika muncul bola api, dari ledakan akibat kecelakaan tersebut.

Kementerian Pertahanan Perancis telah mengonfirmasi bahwa seluruh petugas yang berjumlah lima orang, tewas dalam kejadian ini.

Mereka disebut tengah terlibat dalam misi pemantauan di kawasan Laut Tengah. 

Seperti diberitakan AFP, berdasarkan penjelasan otoritas di Malta, pesawat mengalami kecelakaan sesaat setelah lepas landas.

Seluruh korban adalah warga negara Perancis dan Pemerintah Malta memastikan tidak ada indikasi bahan peledak dalam kecelakaan ini. 

"Penjelasan resmi dari otoritas tekait, rekaman video, dan keterangan sejumlah saksi mata, termasuk tiga orang anggota militer Malta yang berada di barak dekat lokasi kejadian, dan dua pilot, menunjukkan tidak ada indikasi bahan peledak."

Demikian pernyataan tertulis Pemerintah Malta, yang juga menegaskan bahwa penyelidikan atas kecelakaan ini masih akan bergulir. 

Sejauh ini, jenazah kelima korban telah ditemukan. 

"Penerbangan ini merupakan bagian dari tindak pemantauan yang dilakukan bea dan cukai Perancis di kawasan itu."

Disebutkan, pemantauan serupa telah berlangsung sejak sekitar lima bulan terakhir.

Tujuan dari operasi ini adalah melacak rute perdagangan gelap berbagai komoditas, termasuk perdagangan manusia, dan narkoba. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com