Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teroris Boko Haram Menyerang, 83 Prajurit Nigeria Dikabarkan Hilang

Kompas.com - 24/10/2016, 13:46 WIB

MAIDUGURI, KOMPAS.com - Setidaknya 83 prajurit Nigeria dinyatakan hilang dalam tugas, menyusul serangan yang dilakukan kelompok pemberontak dan teroris Boko Haram.

Serangan tersebut dilancarkan ke pos pengamanan militer Nigeria yang berada di daerah terpencil di timur laut Nigeria. Demikian penjelasan penjabat senior militer setempat, Minggu (23/10/2016) yang dikutip AP.

Dilaporkan, para prajurit terjepit dan tak sanggup memberikan serangan balasan, karena dominasi serangan Boko Haram yang besar.

Perwira yang menceritakan kondisi ini menolak untuk disebutkan identitasnya, karena dia mengaku tak berwenang memberikan informasi.

Selain itu, semangat juang di antara para prajurit pun terbilang rendah, karena sedang berlaku kebijakan satu kali makan. Bahkan, tunjangan hidup para prajurit pun dimanipulasi oleh komandan mereka. 

Jurubicara Militer Kolonel Sani Kukasheka Usman pada pekan lalu sempat mengungkapkan, sejumlah prajurit hilang, dan 13 terluka. 

Data itu muncul menyusul serangan pada 17 Oktober di pangkalan mereka di wilayah Gashigar, yang adan di perbatasan Nigeria.

Namun, Usman tak memberikan tanggapan ketika ditanya tentang jumlah pasti dari prajurit yang hilang.

Dikabarkan, lusinan prajurit Nigeria meloncat ke sungai Niger, sebanyak 22 serdadu berhasil diselamatkan oleh prajurit lain di negara tetangga.

Demikian informasi resmi yang dirilis pihak militer Nigeria.

Di pihak lain, sejumlah pasukan pemburu membunuh tujuh anggota Boko Haram yang membakar gedung dan pondok di Dusun Makwaa di timur laut Nigeria, Minggu.

"Kami terlibat kontak tembak dengan mereka selama hampir tiga jam. Kami berhasil mengalahkan mereka dan membunuh tujuh," kata salah satu anggota pasukan Aisha Gombi, terkait serangan Sabtu malam itu. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com