Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Pencurian, Polisi Kabul Kempiskan Mobil Warga yang Parkir di Jalanan

Kompas.com - 24/10/2016, 11:49 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Suhu di Kabul, ibu kota Afganistan, masih cukup hangat di akhir Oktober ini, tetapi suhu ini tak cukup bersahabat bagi petugas polisi yang sedang berpatroli.

Apalagi jika harus mengejar para penjahat, misalnya para pencuri mobil. Nah, untuk mencegah pencurian mobil polisi Afganistan memiliki trik khusus.

Trik yang digunakan polisi Afganistan memang tak lazim. Mereka menggembosi roda mobil yang diparkir di jalanan agar tak dibawa pencuri.

Logikanya sederhana, jika rodanya kempis maka mobil sulit bergerak. Mobil sulit bergerak tidak akan menarik minat para pencuri.

"Kami sudah mengimbau warga agar tak memarkir mobil mereka di luar rumah. Namun, jika mereka tak mengindahkan imbauan itu maka kami akan kempiskan roda mobil sebagai langkah terakhir," kata Feraidoon Obaidi, kepala departemen investigasi kriminal kepolisian Kabul.

Polisi selalu berpatroli di kota Kabul bukan hanya untuk mencegah terjadinya kejahatan biasa. Polisi juga harus mewaspadai kemungkinan serangan Taliban dan ISIS.

Sehingga menjaga kota Kabul yang berpenduduk lima juta jiwa itu bukan perkara mudah bagi kepolisian.

"Kami berusaha melindungi warga dari pencuri dan serangan teroris," ujar Obaidi.

"Namun, warga juga harus memahami energi kami banyak terkuras untuk menghadapi serangan teroris di kota ini. Dengan memarkir mobil di ruang terbuka, maka itu akan mengundang pencuri," lanjut Obaidi.

Berdasarkan data pemerintah, sebanyak 300 unit mobil dicuri dari jalanan kota Kabul sepanjang Maret hingga Juli.

Meski jumlahnya mengalami penurunan dibanding tahun lalu, tetap saja kasus ini membuat kepolisian frustrasi.

"Beberapa pencurian adalah perbuatan geng, sisanya pencurian individual terutama terhadap mobil-mobil yang mudah dibobol," papar Kabir Ahmad Barmak, kepala kepolisian Distrik 11, Kabul.

"Mereka mencuri mobil yang diparkir di jalanan yang sepi dan sering kali membongkar mobil itu untuk dijual suku cadangnya," tambah Barmak.

Dulu polisi menyayat roda mobil yang diparkir di jalanan pada saat malam hari, kini mereka hanya menggembosi rodanya.

"Satu-satunya cara paling mudah untuk melindungi mobil dari pencuri adalah dengan merusak rodanya," kata seorang polisi yang tak mau disebutkan namanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com