Tokoh Fiksi Wonder Woman Jadi Duta Besar PBB, Peresmian Diwarnai Demo - Kompas.com

Tokoh Fiksi Wonder Woman Jadi Duta Besar PBB, Peresmian Diwarnai Demo

Kompas.com - 22/10/2016, 16:52 WIB
AFP PHOTO Sejumlah pengunjuk rasa masuk ke dalam ruang penetapan sosok fiksi Wonder Woman sebagai Duta Besar PBB, di Kantor PBB, New York, Jumat, atau Sabtu WIB.

NEW YORK, KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) merayakan ulang tahun ke 75 karakter komik Wonder Woman, Jumat (21/10/2016) waktu setempat, atau Sabtu WIB.

Perayaan ini sekaligus ditandai dengan penetapan Women Woman sebagai sebagai Duta Besar "spesial" PBB.

Sosok pahlawan super perempuan ini dipakai untuk menyampaikan pesan tentang pemberdayaan wanita dan anak-anak perempuan.

Sayangnya, penetapan ini dilakukan di tengah protes baik dari dalam maupun luar tubuh organisasi internasional itu.

Mereka yang menentang ide ini menyebut, PBB seharusnya beranjak ke dalam hal yang nyata.

Upacara pengukuhan itu pun "dirusak" oleh sekitar 50 staf PBB yang berujuk rasa di depan pintu masuk gedung PBB di New York, Amerika Serikat. 

Mereka kemudian masuk ke ruang Dewan Ekonomi dan Sosial, dan diam-diam menuju ke ruang acara saat pidato pembukaan. Mereka membelakangi panggung dan berdiri sambil mengepalkan tinju ke udara.  

"Dibutuhkan figur 'Wonder Woman" yang riil," ungkap salah wanita pendemo, seperti dikutip AP.

"Jangan pernah berpikir bahwa tokoh fiksi dengan tampilan mirip wanita penggoda merupakan hal yang tepat untuk mengirimkan pesan PBB," sambung dia.

Dengan penetapan ini, sosok Wonder Woman akan digunakan sebagai imej yang digunakan PBB di media sosial dalam mempromosikan pemberdayaan wanita dan anak perempuan.

Promosi itu termasuk seruan perlawanan terhadap kekerasan berbasis jender, dan perwujudan partisipasi perempuan dalam kehidupan publik.

Seluruhnya akan diwujudkan dengan hashtag, #WithWonderWoman di media sosial.

Dengan propaganda ini diharapkan, kampanye PBB bisa menjangkau lebih banyak kaum muda.

Seluruh program ini didukung penuh oleh DC Entertainment dan Warner Bros. Keduanya adalah pihak yang memproduksi komik maupun film Wonder Woman.

EditorGlori K. Wadrianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM