Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinspirasi "James Bond", Mexico City Bikin "Parade Hari Kematian"

Kompas.com - 21/10/2016, 09:00 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Dalam bagian pembuka film Hollywood "Spectre" diperlihatkan adegan James Bond menangkap penjahat di tengah acara "Parade Hari Kematian" di Mexico City.

Sebenarnya, di Ibu Kota Meksiko itu tak pernah ada prosesi semacam itu. Namun, kehidupan memang ada untuk meniru karya seni. 

Terinspirasi dari film agen rahasia 007 itulah, otoritas setempat memutuskan untuk menggelar parade, seperti yang ada di layar lebar tersebut. 

Parade itu akan berlangsung pada 29 Oktober mendatang, dimulai dari monumen the Angel of Independence dan berakhir di lokasi bersejarah, Zocalo square.

Prosesi ini akan diikuti oleh ratusan relawan dan akan menghadirkan kembali semua seting serta properti yang dipakai dalam film Spectre.

Demikian pernyataan tertulis Pemerintah Mexico City yang dikutip kantor berita AFP, Kamis (20/10/2016). 

Di dalam film itu, aktor Inggris Daniel Craig yang memerankan James Bond, pergi setelah membekuk penjahat itu. Saat adegan itu terlihat parede tengkorak raksasa yang dibawa di antara sejumlah penari yang wajahnya digambari motif tengkorak. 

"Parade ini tidak pernah ada di kehidupan nyata," kata Menteri Pariwisata Enrique de la Madrid.

"Sekarang, terinspirasi dari film itu, festival tersebut akan jadi nyata," sambung dia. 

Prosesi ini akan menjadi bagian dari serangkaian acara yang digelar hingga 2 November di Ibu Kota.

Biasanya prosesi hari kematian berlangsung setiap 1-2 November setiap tahun, saat warga Meksiko berziarah ke pemakaman untuk memberikan penghormatan keluarga mereka yang telah berpulang.

Membawa makanan dan minuman merupakan tradisi lama di Meksiko yang merupakan percampuran budaya pre-hispanik dan penganut katolik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com