Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Irak Berusaha Rebut Sebuah Kota Kristen dari Tangan ISIS

Kompas.com - 19/10/2016, 18:41 WIB

QAYYARAH, KOMPAS.com - Di Erbil, ibu kota daerah otonomi Kurdi Irak, para pengungsi yang datang dari Qaraqosh, kota yang mayoritas penduduknya adalah umat Kristen, bergembira ria.

Mereka bergembira mendengar kabar pasukan federal Irak yang didukung Peshmerga Kurdi akan merebut kota yang berada tak jauh dari kota Mosul itu dari tangan ISIS.

Pasukan Irak sudah menyerbut Qaraqosh yang berada sekitar 15 kilometer sebelah tenggara Mosul pada Selasa (18/10/2016), tetapi hingga saat ini pasukan ISIS masih bertahan di dalam kota.

Pasukan elite kontra-terorisme Irak, kini ditugaskan untuk memukul mundur anggota ISIS dari kota itu.

"Kami kini mengepung Hamdaniya," kata Letnan Jenderal Riyadh Tawfiq, komandang pasukan darat Irak, merujuk distrik tempat kota Qaraqosh berada.

"Memang ada sejumlah titik perlawanan, sejumlah baku tembak, mereka juga mengirim bom mobil, tetapi itu semua tak akan menolong mereka," tambah Jenderal Tawfiq.

Meski kota Qaraqosh belum sepenuhnya dibebaskan dari cengkeraman ISIS, warga Kristen kota itu yang mengungsi di Erbil sudah bersuka cita.

Mereka berkumpul di luar sebuah gereja di Erbil untuk berdoa dan bernyanyi sementara beberapa yang lain menyalakan lilin.

"Hari ini adalah momen yang membahagiakan. Tak diragukan lagi tanah kami akan dibebaskan. Terima kasih Tuhan," kata Hazem Djedjou Cardomi, seorang jurnalis.

Qaraqosh adalah kota terbesar dari sejumlah kota dan desa berpenduduk Kristen yang direbut ISIS saat menyapu provinsi Niniveh di sisi timur Mosul pada 2014.

Akibatnya, pengungsian besar-besaran warga Kristen terjadi dan sebagian besar memilih untuk menyelamatkan diri ke wilayah Kurdi.

Qaraqosh adalah kota berpenduduk 50.000 orang pada 2014 dan memiliki sedikitnya tujuh gereja. Kondisi ini membuat Qaraqosh menjadi pusat bagi 300.000 umat Kristen di Irak.

Tiga hari setelah operasi militer untuk merebut Mosul digelar, pasukan Irak sudah mendekati kota itu dari berbagai arah, termasuk dari arah selatan.

Di wilayah selatan Mosul inilah militer dan kepolisian Irak bertempur melalui pertahanan ISIS dan merebut sejumlah desa dalam ofensif mereka menuju Mosul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com