Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Ikan Pedang Purba Ditemukan di Pedalaman Australia

Kompas.com - 16/10/2016, 19:51 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Fosil langka ikan pedang atau ikan todak yang hidup sekitar 100 juta tahun lalu ditemukan di pedalaman Australia.

Dua keluarga yang sedang berlibur menggali dan menemukan fosil hewan pemangsa prasejarah di situs pencarian fosil bebas di bagian barat laut Queensland.

Sisa-sisa peninggalan tersebut diduga berasal dari spesies Australopachycormus hurleyi, ikan bersirip kipas dengan moncong runcing yang panjangnya tiga meter.

"Hal yang membuat spesimen ini sangat istimewa adalah karena (fosilnya) lengkap," kata Dr Patrick Smith kepada BBC.

Dr Smith yang bekerja sebagai kurator di Kronosaurus Korner mengatakan pusat museum fosil hewan laut tersebut sudah memasang kerangka-kerangka seperti tengkorak, tulang punggung, dan sirip spesies purbakala tersebut.

"Kami tahu hewan tersebut adalah karnivora tingkat tinggi (dalam rantai makanan) dan memakan ikan-ikan besar yang berenang cepat, sedikit sama seperti ikan marlin yang ada sekarang," katanya.

"Karena (struktur kerangkanya) sesuai dengan bentuk semacam ikan pedang, kami tahu kemungkinan hewan ini hidup di lingkungan ekologi khusus," lanjut Dr Smith.

Dr Smith mengatakan dia ingin mendorong ahli paleontologi amatir lainnya untuk pergi ke Richmond, kota pedalaman kecil yang berjarak 1.700 km dari Brisbane.

"Datanglah ke Richmond, karena di sana ada banyak sekali benda-benda untuk dikumpulkan," katanya.

Fosil-fosil muncul sejak 1930-an di daerah Queensland barat laut, yang disebut-sebut sebagai "Jejak Dinosaurus di Australia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com