Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorila Kabur dari Kandangnya, Pengunjung Kebun Binatang London Panik

Kompas.com - 14/10/2016, 13:49 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Seekor gorila yang kabur dari kandangnya di kebun binatang London mengakibatkan kepanikan pengunjung dan para staf kebun binatang.

Sejumlah laporan menyebut, gorila jantan bernama Kumbuka itu telah beberapa kali mencoba kabur dengan menabrakkan diri ke kaca yang membatasi kandangnya.

Peristiwa ini terjadi hanya beberapa bulan setelah gorila bernama Harambe ditembak mati petugas kebun binatang di Cincinatti setelah menangkap seorang anak kecil yang jatuh ke dalam kandangnya.

Kepolisian Metropolitan London mengatakan menerima panggilan dari kebun binatang pada pukul 17.17 waktu setempat.

"Gorila itu ditangkap kembali pada pukul 18.30," kata kepolisian kepada harian The Independent, Kamis (13/10/2016).

Seorang staf di kebun binatang London mengatakan, Kumbuka memang sudah berulang kali berusaha melarikan diri dari kandangnya.

"Dia memukul kaca yang membatasi kandangnya beberapa kali," kata dia kepada Buzzfeed News.

Salah seorang pengunjung kebun binatang mengunggah foto Kumbuka ke media sosial. Dalam foto itu terlihat gorila itu menghadap kaca dan beberapa saat kemudian dia menabrakkan dirinya ke kaca tersebut.

Tak ada korban dalam kejadian itu meski para pengunjung merasa takut ketika kebun binatang itu ditutup, sementara polisi dan staf kebun binatang memburu Kumbuka.

"Kami berdesakan di salah satu bangunan di dalam kebun binatang London setelah diperintahkan agar masuk ke dalam sebuah bangunan," kata Jonathan Mall, salah seorang pengunjung.

Saksi mata lainnya, Brad Evans, mengatakan kepada BBC Radio London, dia sudah "dikunci" di dalam gedung sebelum polisi bersenjata lengkap muncul di tempat itu.

"Kami sedang minum kopi di restoran utama kebun binatang saat petugas mengunci tempat itu dan hanya mengatakan telah terjadi sebuah insiden," ujar Evans.

"Petugas memberi kami kopi dan teh gratis. Kami akhirnya mengetahui ada seekor gorila kabur dari kandangnya. Saat kami menunggu, polisi bersenjata lengkap tiba di kebun binatang," tambah Evans.

Sementara itu, kurator hewan mamalia Kebun Binatang London, Malcolm Fitzpatrick, mengatakan, Kumbuka adalah hewan yang sangat populer dan sudah dikembalikan ke kandangnya.

"Kami sangat senang memberi informasi bahwa Kumbuka dalam kondisi yang baik dan sudah berinteraksi dengan keluarganya," papar Fitzpatrick.

Seorang pekerja kebun binatang mengatakan, penyebab kaburnya Kumbuka masih dalam investigasi sembari menegaskan tak ada pengunjung yang terluka.

"Saat itu hanya ada 100 pengunjung di kebun binatang," ujar pekerja tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com