Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bhumibol, Raja Thailand yang Habiskan Masa Kecil di Luar Negeri

Kompas.com - 13/10/2016, 20:02 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Kabar duka itu akhirnya terdengar. Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej meninggal dunia dalam usia 88 tahun, Kamis (13/10/2016) setelah bergulat dalam kondisi kritis sejak beberapa hari terakhir.

Bhumibol adalah adalah raja terlama memerintah di dunia. Raja kesembilan dari Dinasti Chakri itu menduduki jabatannya sejak berusia 18 tahun, pada tahun 1946.

Selama 70 tahun menduduki tahtanya, Bhumibol dianggap telah memulihkan pengaruh Kerajaan Thailand dan menunjukkan pengabdian kepada rakyatnya. 

Lahir di tahun 1927 di Cambridge, Massachusetts, di mana ayahnya, Pangeran Mahidol, belajar kedokteran, Raja Bhumibol banyak menghabiskan masa kecilnya di luar negeri.

Pertama dia hidup di Amerika Serikat dan kemudian di Swiss.

Ia menjadi raja setelah abangnya Raja Ananda Mahidol, yang dikenal dengan nama Rama VIII ditembak mati secara misterius di usia 20 tahun, pada 1946.

Raja Bhumibol pun kembali ke Thailand dan kemudian dinobatkan sebagai Raja Rama IX.

"Raja menghembuskan nafas terakhir dalam damai di RS Siriraj," demikian bunyi pernyataan istana, sore ini. 

Baca: Raja Thailand Bhumibol Adulyadej Meninggal Dunia

Kesehatan memburuk

Kesehatan Bhumibol dikabarkan telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir. Dia bahkan menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam enam tahun terakhir di RS Siriraj.

Raja Bhumibol dikukuhkan kembali pada Mei 2015 lalu. Dia terakhir terlihat di muka publik pada bulan Januari lalu, ketika menghabiskan waktu beberapa jam mengunjungi istananya di Bangkok.

Namun, dalam pengumuman pihak istana sore ini, tak diungkapkan apa penyebab kematian raja.

Sebelumnya diberitakan, Bhumibol mengalami infeksi pernafasan, dan ada cairan di otak dan paru-paru yang membengkak dalam beberapa bulan terakhir.

Kini, banyak papan reklame di Kota Bangkok, yang terpasang di kantor hingga jutaan rumah warga di Thailand, terpasang foto sang Raja. 

Baca: Jika Raja Bhumibol Wafat, Apa yang Akan Terjadi di Thailand?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com