Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Panda Makan Sampah Viral di Internet Picu Kemarahan "Netizen"

Kompas.com - 11/10/2016, 16:18 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Serangkaian foto yang menampilkan seekor panda sedang menyantap sampah di dalam kandanganya di kebun binatang Taiyuan, provinsi Shanxi, China, memicu kemarahan netizen.

Foto-foto panda ini menjadi viral di China pada pekan lalu. Para netizen yang marah sangat khawatir kesehatan panda itu akan terganggu karena terlalu banyak menyantap "junk food".

Dalam serangkaian foto itu tak terlihat staf kebun binatang mencoba membersihkan kandang panda dari bekas botol minuman, kantong plastik, buah-buahan yang sudah busuk, dan pecahan balon yang dijatuhkan pengunjung ke dalam kandang.

Sebagian netizen menyalahkan staf kebun binatang yang dianggap tak sigap, dan sebagian lainnya mengecam perilaku para pengunjung yang membuang sampah seenaknya ke kandang panda.

"Para pengunjung sungguh tak tahu malu ditambah staf kebun binatang yang mengabaikan masalah ini," kata seorang pengguna media sosial Weibo.

Setelah foto-foto ini menjadi viral, pihak pengelola kebun binatang Taiyuan kemudian meminta maaf dan langsung membersihkan kandang panda tersebut akhir pekan lalu.

Pengelola kebun binatang juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap panda bernama Shunshun itu, dan sejauh ini belum menemukan adanya kelainan kesehatan dalam tubuh hewan tersebut.

Pihak pengelola juga berdalih, pekan lalu kebun binatang kebanjiran pengunjung sehingga jumlah staf yang bertugas tak mencukupi untuk mencegah pengunjung membuang sampah ke dalam kandang panda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com