Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Washington Kembali Jadi Tuan Rumah Debat Kedua Hillary dan Trump

Kompas.com - 10/10/2016, 05:00 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Universitas Washington (Washington University) di St Louis, Missouri, kembali menjadi tuan rumah debat kedua calon Presiden Amerika Serikat pada rangkaian pemilihan presiden AS tahun ini.

Dengan demikian, universitas tersebut sudah lima kali menjadi tuan rumah bagi debat-debat capres Amerika Serikat, seperti dilaporkan oleh Voice of America, Minggu (9/10/2016) malam.

Debat kedua capres AS berlangsung pada Minggu (9/10/2016) pukul 20:00 waktu setempat atau Senin (10/10/2016) pukul 08.00 WIB, seperti dilaporkan Voice of America.

Debat kali ini mengambil format town hall, di mana pertanyaan yang diajukan kepada kedua kandidat yaitu Donald Trump dari Partai Republik dan Hillary Clinton dari Partai Demokrat berasal dari para penonton.

Untuk pertama kalinya pula warga AS dan internasional bisa mengajukan pertanyaan kepada kedua kandidat melalui media sosial.

Sekitar 400 orang akan berada di panggung dan ada sekitar 1.000 orang akan memenuhi aula debat di Washington University ini.

Pihak universitas mencatat 3.000 awak media yang telah mendaftar untuk meliput debat ini.

Washington University pertama kali menjadi tuan rumah debat pada 11 Oktober 1992. Ketika itu pihak kampanye Presiden George HW Bush dan Gubernur Bill Clinton mencapai kesepakatan untuk jadwal debat, namun tidak ada tempat yang tersedia.

Janet Brown, Direktur Eksekutif Komisi Debat AS kemudian menghubungi Senator Missouri saat itu, Jack Danforth, dan menawarkan kesempatan kepada kota St Louis untuk menjadi tuan rumah debat pertama kalinya.

Sejak itu nama Washington University selalu termasuk dalam daftar lokasi yang diajukan untuk penyelenggaraan debat capres.

Dalam wawancara dengan VOA, Janet mengatakan “kampus ini punya standar tinggi dalam menyelenggarakan debat.”

Washington University sebelumnya terpilih untuk lokasi debat pada tahun 1996 (namun batal pada saat-saat terakhir), 2000, 2004, dan 2008 (debat cawapres). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com