Pejabat Kedubes Korut di Beijing Dikabarkan Membelot - Kompas.com

Pejabat Kedubes Korut di Beijing Dikabarkan Membelot

Kompas.com - 05/10/2016, 11:34 WIB
Wired Ilustrasi

SEOUL, KOMPAS.com - Seorang pejabat kedutaan besar Korea Utara di Beijing telah membelot. Demikian dikabarkan kantor berita Yonhap, Rabu (5/10/2016).

Sementara sebuah laporan terpisah menyebutkan dua orang staf kedubes Korea Utara di Beijing mencari suaka di kantor misi diplomatik Jepang di kota itu.

Jika kabar ini terkonfirmasi, maka pembelotan ini akan menjadi yang terbaru dalam serangkaian pembelotan para pejabat Korea Utara yang di mata sejumlah pengamat menandakan munculnya ketidakstabilan politik di Pyongyang.

Yonhap, yang mengutip sumber yang dekat dengan masalah Pyongyang menyebut, pejabat yang ditempatkan  di kedubes Korut di Beijing tetapi terkait dengan Kementerian Kesehatan itu menghilang dengan keluarganya akhir September lalu.

Sumber itu mengatakan, pejabat yang menghilang tersebut bertanggung jawab memasok obat-obatan untuk sebuah klinik di Pyongyang yang merawat Kim Jong Un dan keluarganya.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan, yang memiliki kebijakan tidak mengomentari pembelotan terutama yang dilakukan para pejabat, mengatakan tidak bisa memberikan konfirmasi terkait kabar tersebut.

Sementara itu, dalam laproan lain, harian JoongAng Ilbo mengabarkan dua staf senior Kedubes Korea Utara di Beijing meminta suaka di kantor Kedubes Jepang.

Harian ini mengutip sumber anonim yang mengatakan kedua staf itu bukan diplomat tetapu bekerja untuk instansi pemerintah Korea Utara.

Namun, juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga membantah, terdapat permohonan suaka politik di misi diplomatik Jepang di Beijing.

"Tak ada kebenaran dalam laporan yang menyebutkan warga Korea Utara mencari suaka politik di kedutaan besar Jepang," kata Suga.

Korea Utara diguncang serangkaian pembelotan yang dilakukan para pejabat tinggi negeri itu. Insiden terbaru adalah pembelotan wakil dubes Korea Utara di Inggris yang menyeberang ke Korea Selatan.

EditorErvan Hardoko
SumberAFP
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM