Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sniper" ISIS Tembak Mati Jurnalis Belanda di Libya

Kompas.com - 03/10/2016, 11:15 WIB

TRIPOLI, KOMPAS.com — Seorang jurnalis asal Belanda tewas saat meliput gerakan pasukan Pemerintah Libya untuk merebut kota Sirte yang diduduki Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Jurnalis foto, Jeroen Oerlemans, tewas akibat tembakan yang dilepaskan sniper ISIS tepat mengenai dadanya. Demikian dikabarkan kantor berita AFP.

Juru bicara sebuah rumah sakit di kota Misrata tempat personel pasukan pemerintah dirawat, dr Akram Gliwan, mengatakan, Oerlemans tewas saat meliput pertempuran Sirte, sekitar 450 kilometer sebelah timur kota Tripoli.

Gliwan menambahkan, jasad Oerlemans sudah dibawa ke Misrata yang terletak 200 kilometer sebelah barat kota Sirte yang menjadi medan pertempuran.

Oerlemans bekerja di Libya untuk sejumlah organisasi media, termasuk mingguan terbitan Belgia, Knack, yang membenarkan kematian pria Belanda itu.

Dalam sebuah pesan di situs resmi majalah Knack menyebut, Oerlemans tewas tertembak dalam tugas peliputan dan manajemen majalah itu menyampaikan dukacita untuk keluarga yang ditinggalkan.

Sementara itu, harian Libyan Express mengabarkan, pasukan pemerintah yang didukung PBB kehilangan delapan personelnya dalam pertempuan melawan ISIS pada Minggu (2/10/2016), sedangkan ISIS kehilangan 10 anggotanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com