Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Wajib Pakai Hijab, Para Pecatur Perempuan Akan Boikot Kejuaraan Dunia di Iran

Kompas.com - 30/09/2016, 19:35 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Para pecatur perempuan papan atas dunia dikabarkan telah diminta mengenakan hijab jika mereka ingin berpartisipasi dalam kejuaraan dunia catur yang digelar di Teheran, Iran, tahun depan.

Kejuaraan dunia catur ini dijadwalkan digelar pada Maret 2017, tetapi sejumlah grandmaster perempuan sudah mengancam akan memboikot turnamen itu jika mereka dipaksa mengenakan hijab.

Organisasi catur sedunia (FIDE) kini menghadapi kritik dan tekanan karena keputusannya menunjuk Iran sebagai tuan rumah turnamen.

FIDE juga dianggap gagal untuk mempertahankan hak-hak perempuan, khususnya para grandmaster yang akan berpartisipasi dalam kejuaraan itu.

Juara catur Inggris, Niger Short, lewat akun Twitter-nya mengatakan, FIDE telah melanggar statutanya sendiri yang menentang diskriminasi berdasarkan agama atau jender.

Juara AS, Grandmaster Nazi Paikidze, juga mengungkapkan kekecewaannya karena harus absen di kejuaraan dunia pertamanya karena banyak alasan.

"Sangat tak bisa diterima menggelar sebuah turnamen perempuan terpenting di tempat di mana cara berpakaian perempuan masih diatur dengan ketat," ujar pecatur kelahiran Georgia itu.

"Saya memahami dan menghargai perbedaan kebudayaan. Namun, tak bisa memahami saat pelanggaran kebudayaan setempat bisa berbuah penjara dan hak-hak perempuan diabaikan," tambah dia.

"Saya merasa tak aman untuk berlaga di sana," lanjut pecatur perempuan itu.

Mantan juara Pan Amerika, Carla Heredia asal Ekuador, sepakat dengan Paikidze soal keharusan mengenakan hijab saat berlaga di Iran.

"Tak ada institusi, tak ada pemerintahan, atau kejuaraan catur dunia yang bisa memaksa perempuan mengenakan atau melepas hijab," kata Carla.

Namun, grandmaster asal Hongaria, Susan Polgar, mengatakan tak keberatan mengenakan hijab jika aturan ini juga diberlakukan untuk semua peserta.

"Saat saya mengunjungi tempat berbeda denan kebudayaan yang berbeda, saya ingin menunjukkan rasa hormat saya dengan berpakaian seperti adat setempat. Tak ada yang memaksa saya melakukan itu. Saya melakukannya demi menghormati adat setempat," ujar Polgar.

Namun, Paikidze lewat akun Twitter-nya mengatakan, dengan mengenakan hijab maka para pecatur ini ikut mendukung penindasan terhadap perempuan.

Sementara itu, komisi catur perempuan FIDE mempertahankan keputusannya menunjuk Teheran menjadi tuan rumah dan mengatakan agar peserta menghormati adat istiadat setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com