Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Muslim Tahunan di New York Ternyata Dipimpin Orang Indonesia

Kompas.com - 30/09/2016, 12:57 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sekelompok besar warga muslim di Amerika Serikat melambaikan bendera AS bersama bendera negara-negara asal mereka dalam acara tahunan Muslim Day Parade di Kota New York.

Acara yang berlangsung hari Minggu lalu tersebut digagas sebuah organisasi Muslim Foundation of America yang berbasis di Kota New York.

Penyelenggaraan Muslim Day Parade tahun ini merupakan yang ke-31 sejak pertama kali dilakukan pada tahun 1985.

Seiring dengan semangat bekerja sama dengan berbagai komunitas masyarakat, penyelenggaraan Parade Muslim ini juga didukung oleh berbagai komunitas lintas agama; Kristen, Hindu, Budha, Yahudi dan lainnya.

Bagi warga Indonesia, acara ini menjadi lebih unik, sebab Presiden untuk penyelenggaraan Muslim Day Parade tahun 2016 ini adalah orang Indonesia.

Dia adalah Imam Shamsi Ali, yang menetap di Kota New York.

“Parade ini ingin menggambarkan kepada masyarakat AS bahwa masyarakat muslim AS adalah bagian penting dalam bangsa Amerika," kata dia.

"Dan keimanan serta kesetiaan kepada negara ini pun tidak bertentangan, dan justru bisa berjalan bersama-sama,” ujar Imam Shamsi Ali.

Tokoh terkenal

Russell Simmons, mogul dan produser musik Hip Hop, juga menjadi salah satu tokoh terkenal yang ikut mengagas keharmonisan lintas agama di AS. Dia ikut berpawai dalam parade tahun ini.

“Saya ingin menunjukkan dukungan terhadap komunitas muslim AS, yang menurut saya orang-orang tidak tahu penderitaan yang dihadapi komunitas ini, maraknya Islamophobia, mereka tidak tahu," kata dia.

"Hanya 0,1 persen muslim di dunia yang diradikalisi menurut CNN, 97 persen korban tewas oleh ISIS adalah umat muslim, mereka tidak tahu komunitas damai dan indah ini adalah bagian dari masyarakat AS," sambungnya.

"Kita harus mencintai dan merangkul komunitas muslim AS,” ujar Russell Simmons

Parade dimulai dari Jalan 38th melalui jalan utama Madison Avenue sejauh 12 blok di Kota Manhattan, New York City.

Para peserta parade membawa poster, spanduk, berbagai bendera, dan bunga mawar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com