Wanita Hamil dari Kasta Rendah India Diserang karena Tolak Singkirkan Bangkai Sapi - Kompas.com

Wanita Hamil dari Kasta Rendah India Diserang karena Tolak Singkirkan Bangkai Sapi

Kompas.com - 26/09/2016, 16:38 WIB
Rushlane.com Sapi-sapi yang berkeliaran di jalan-jalan raya India.

AHMEDABAD, KOMPAS.com – Massa yang marah di India menyerang seorang wanita hamil dari kasta rendah dan keluarganya karena menolak menyingkirkan bangkai sapi di jalan.

Polisi India, Senin (26/9/2016, mengatakan, wanita bernama Sangita Ranawasia dan sedang hamil lima bulan itu sudah pulih dari perawatan di rumah sakit, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Ranawasia dan tujuh anggota keluarganya, semuanya dari masyarakat Dalit, kasta terendah di India, dipukul dengan tongkat di desa mereka di negara bagian Gujarat, India barat, Jumat (23/9/2016).

“Enam orang dari kasta di atasnya, dari masyarakat Darbar, telah ditangkap karena menyerang wanita hamil dan keluarganya,” kata Wakil Kepala Polisi Superintenden BA Chavda.

"Terdakwa sekarang berada di tahanan pengadilan dan hukuman atas mereka akan segera diputuskan,” kata Chavda di Distrik Banaskantha, Gujarat.

Serangan pada Jumat lalu terjadi ketika warga dari kasta Dalit melanjutkan aksi mogok mereka menentang pengumpulan bangkai sapi di jalan-jalan di Gujarat.

Aksis mogok tersebut dilakukan warga dari kasta Dalit untuk memprotes atas hukuman cambuk empat warga dari kasta yang sama pada Juli lalu.

Dalit, sebelumnya dikenal sebagai kaum "tak tersentuh" biasanya bertugas untuk membersihkan bangkai sapi yang mati di jalan-jalan, di mana binatang sering berkeliaran dengan bebasnya.

Kemarahan dari komunitas Dalit memuncak setelah empat warga dari desa mereka dicambuk oleh warga dari kasta yang lebih tinggi, yang menuduh mereka membunuh binatang tersebut.

Sapi dianggap suci oleh umat Hindu dan pembunuhan atas hewan kerahmat tersebut dilarang di sebagian besar negara bagian India.

Perdana Menteri Narendra Modi yang nasionalis mendesak penghentian serangan terhadap kaum Dalit, yang terletak di bagian paling bawah dalam hirarki sosial India.

Menurut data statistik dari Biro Catatan Kejahatan Nasional India, sebanyak 25.455 kasus kejahatan menimpa kasta Dalit pada tahun 2.000.

Data itu juga mengungkapkan bahwa setiap jam dua orang penyandang kasta Dalit diserang, dan setiap hari tiga perempuan Dalit diperkosa, dua orang Dalit dibunuh serta dua rumah Dalit dibakar.

EditorPascal S Bin Saju
Komentar

Close Ads X