Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Salah Hitung Penonton Video di Linimasanya

Kompas.com - 26/09/2016, 08:26 WIB

KOMPAS.com - Facebook mengeluarkan pernyataan bahwa mereka salah dalam membuat perkiraan tentang seberapa banyak orang menonton videonya dalam dua tahun terakhir.

Salah satu pemasang iklan video di Facebook mengisyaratkan, dalam beberapa kasus, data statistik penonton video ditaksir terlalu tinggi dari sebenarnya, bahkan sampai 80 persen.

Facebook Analytic adalah alat penting bagi para pemasang iklan yang bisa digunakan untuk mengetahui seberapa banyak video yang ditonton.

Jaringan media sosial tersebut mengatakan kesalahan di tools analitiknya sudah diperbaiki dan tidak mengubah biaya yang harus dibayar para pemasang iklan.

Dikutip KompasTekno dari BBC Indonesia, Minggu (25/9/2016), kesalahan itu mempengaruhi metrik Facebook yang dinamakan "average duration of video viewed" yang memberitahu para pengiklan video terkait berapa lama, secara rata-rata, orang menonton videonya di Facebook.

Membuat kesalahan

Metrik Facebook tidak menghitung penonton yang melihat video dalam durasi kurang dari tiga detik. Dengan tidak memasukkan jumlah mereka, termasuk orang-orang yang mengabaikan video pada news feed mereka, maka rata-rata waktu tonton video di Facebook jadi lebih tinggi.

Facebook menyatakan, "Kami baru-baru ini menemukan kesalahan cara kami menghitung salah satu metrik video itu baru-baru ini."

"Kesalahan ini telah diperbaiki, ini tidak mempengaruhi tagihan pembayaran, dan kami telah memberitahu rekan-rekan kami lewat dashboard produk," tambah Facebook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com