Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Tempat Menetap Terbaik Kedua di Dunia, Apa yang Pertama?

Kompas.com - 23/09/2016, 20:51 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Singapura ditetapkan sebagai salah satu tempat tinggal terbaik di dunia.

Hal itu berdasarkan indeks Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau yang biasa disebut Global Goals, yang disusun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Indeks ini disusun setelah PBB melakukan kajian di 188 negara yang antara lain mencakup tingkat kesehatan warga negara di semua tingkatan umur.

Secara keseluruhan, ada 47 indikator yang dipakai sebagai acuan untuk menentukan daftar negara yang paling layak untuk menjadi tempat tinggal.

Urutan pertama diisi Eslandia, disusul Singapura di posisi kedua, sedangkan urutan ketiga hingga kelima yaitu ditempati Swedia, Andora, dan Inggris.

Lima terbawah diisi oleh Republik Afrika Tengah, Somalia, Sudan Selatan, Niger, dan Chad.

Amerika Serikat berada di posisi ke-28, terutama karena faktor kematian yang disebabkan oleh kekerasan, HIV, konsumsi alkohol, obesitas di kalangan anak-anak, dan bunuh diri.

Kajian ini juga menyebutkan bahwa tidak ada negara yang memenuhi target pemberantasan TBC-HIV atau pengurangan obesitas anak menjadi nol persen.

Global Goals ditetapkan PBB pada 2015 dan lembaga dunia ini berambisi semua indikator kesehatan bisa dipenuhi pada 2030.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com