Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Polisi AS Dituduh Paksa Seorang Pria Telan Sekantong Ganja Kering

Kompas.com - 23/09/2016, 14:49 WIB

PHOENIX, KOMPAS.com - Tiga orang polisi kota Phoenix, Texas, AS mengundurkan diri setelah dituduh memaksa seorang pria menelan sekantung ganja yang ditemukan mobilnya.

Kepala kepolisian Phoenix Yoseph Yahner mengatakan, selain ketiga polisi itu, petugas keempat Jeff Farrior diturunkan pangkatnya dari letnan menjadi sersan.

"Dia (Farrior) mengetahui insiden itu tetapi tidak melakukan tindakan apapun. Tindakan mereka tak bisa diterima dan melanggar semua nilai yang kami jaga," ujar Yahner.

Kepolisian Phoenix mengatakan, ketiga polisi lainnya itu adalah Richard G Pina, Jason E McFadden dan Michael J Carnicle.

"Dua dari mereka diperiksa karena dianggap melakukan tindakan kriminal. Sedangkan petugas ketiga hanya menjadi saksi," tambah Yahner.

Yahner melanjutkan, semua kamera video yang di mobil ketiga polisi itu dimatikan sehingga tak bisa merekam insiden yang melibatkan seorang pemuda berusia 19 tahun pada 13 September lalu.

Pemuda itu, yang namanya tak dirilis kepolisian, kemudian mendapatkan surat panggilan untuk datang ke kantor polisi dan mobilnya diderek.

Pemuda itu kemudian mengaku dipaska menelan ganja yang ada di dalam mobilnya atau dimasukkan ke dalam tahanan.

Pemuda itu menambahkan, dia langsung merasa tak enak badan setelah mengunyah dan menelan ganja itu. Meski demikian dia tak sampai harus mendapatkan perawatan medis.

Ketiga petugas yang mengundurkan diri itu baru setahun menjadi polisi dan masih berstatus karyawan "magang".

"Saya awalnya ingin memecat mereka, tetapi mereka kemudian memilih untuk mundur," kata Yahner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com