Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paspor Michelle Obama Diduga Telah Diretas

Kompas.com - 23/09/2016, 11:36 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah foto yang diyakini adalah salinan paspor milik ibu negara AS, Michelle Obama diyakini telah diretas dan diunggah ke dunia maya.

Selain paspor, sang peretas juga diduga berhasil "mencuri" surat elektronik pribadi milik seorang staf Gedung Putih yang diretas DC Leaks.

Kebocoran data-data pribadi Michelle Obama menjadi peretasan dokumen penting terbaru yang diduga dinas intelijen AS dilakukan Rusia.

Sejauh ini, keaslian paspor Michele Obama yang diunggah ke dunia maya belum dapat diverifikasi.

Sedangkan staf gedung putih diretas adalah seorang bernama Ian Mellul yang saat ini bekerja untuk tim kampanye Hillary Clinton.

Sejumlah surat elektronik yang dipubikasikan pada Kamis (22/9/2016) itu nampaknya berasal dari akun Gmail milik Mellul yang sebagian besar berisi informasi soal rencana logistik kampanye Hillary.

Dokumen yang dirilis termasuk rencana perjalanan Wapres Joe Biden ke Cleveland menampilkan rute pesawat, lokasi pertemuan Biden dengan beberapa orang dan informasi sensitif lainnya.

"Kami menanggapi semua laporan soal peretasan dengan sangat serius, terutama jika data yang diretas berisi informasi yang sensitif. Tentu saja, hal ini akan kami perhatikan dengan seksama," demikian Gedung Putih.

Peretasan data ini adalah yang terbaru dari serangkaian peretasan yang menyasar para politisi AS oleh kelompok yang menamakan diri DC Leaks.

Pekan lalu, kelompok ini memublikasikan rasa tak suka mantan menlu Colin Powell terhadap kedua kandidat presiden, Donald Trump dan Hillary Clinton.

Para pakar dunia maya dan intelijen AS menyakini DC Leaks mendapat sokongan dari Rusia untuk menjalankan misinya termasuk membocorkan informasi dari Konvensi Partai Demokrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com