Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Pengebom New York Didakwa Lakukan Percobaan Pembunuhan

Kompas.com - 20/09/2016, 16:33 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Ahmed Khan Rahami (28), warga AS keturunan Afganistan akhirnya didakwa melakukan percobaan pembunuhan terkait pengeboman di New York dan New Jersey.

Sangat sedikit yang diketahui tentang Rahimi, tersangka utama pengeboman di New York dan New Jersey pada akhir pekan lalu.

Warga AS kelahiran Afganistan itu bekerja di sebuah restoran ayam goreng milik keluarganya di kota Elizabeth, New Jersey.

Para penyidik kini akan fokus untuk mengetahui apakah Rahimi melakukan aksinya sendiri atau memiliki kelompok.

Penyidik juga akan berusaha mengungkap motif Rahimi sehingga nekat meledakkan bom di kawasan Chelsea, Manhattan dan bom pipa di New Jersey tepat di rute sebuah lomba lari korps marinir AS.

Selain di kedua lokasi itu, polisi juga menemukan dan menjinakkan sebuah panci bertekanan yang diubah menjadi peledak beberapa blok dari lokasi ledakan di Chelsea.

Polisi juga kemudian menemukan lima bom pipa lagi di sebuah tempat sampah di Elizabeth, sehari setelah ledakan di New York.

Sebelumnya, Rahimi ditangkap polisi setelah terlihat di sekitar kota Linden, New Jersey hanya beberapa jam setelah FBI merilis foto pria itu.

Saat polisi menghampirinya, Rahimi melepaskan tembakan hingga melukai dua orang petugas. Akibatnya, polisi membalas hingga melukai kaki Rahimi.

Saat ini Rahimi berada di rumah sakit untuk menjalani pembedahan akibat luka tembak yang dideritanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com