Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Klaim Sukses Uji Coba Mesin Roket Bertenaga Tinggi

Kompas.com - 20/09/2016, 10:32 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara sukses melakukan uji coba di darat untuk senjata terbarunya, yakni mesin roket bertenaga tinggi, dalam upaya meningkatkan program senjata nuklirnya.

Kantor berita Agence France-Presse (AFP), Selasa (20/9/2016) ini, dengan mengutip kantor berita KCNA melaporkan, uji coba itu merupakan bagian usaha untuk memajukan program nuklir Korut.

Setelah memantau pengujian di situs stasiun peluncuran satelit negara di Sohae, pemimpin muda Korut Kim Jong Un meminta para pejabat, ilmuwan dan teknisi “melengkapi persiapan untuk peluncuran satelit segera mungkin,” kata kantor berita resmi Korut, KCNA.

Telah muncul spekulasi bahwa kemungkinan besar Korut akan menandai perayaan ulang tahun ke-68 Partai Pekerja yang berkuasa pada 10 Oktober dengan peluncuran satelit.

Jong Un, kata KCNA, juga menyerukan agar peluncuran roket dilakukan lebih banyak lagi, karena hal itu menjadikan Korut “pemilik pemilik satelit geostasioner dalam beberapa tahun ke depan”.

Korut telah melakukan serangkaian pengujian rudal jarak jauh dengan kedok sebagai peluncuran satelit, yang terbaru dilakukan pada Februari lalu seperti dilaporkan AFP.

Menurut KCNA, mesin roket bertenaga besar (tinggi) itu akan menjadikan Korut sebagai negara yang mampu meluncurkan berbagai jenis satelit termasuk satelit observasi Bumi standar dunia.

Jong Un, kata KCNA, “menyatakan sangat puas” atas hasil pengujian mesin roket bertenaga tinggi tersebut.

Korut terus mengembangkan teknologi dan kemajuan ilmiahnya “meskipun sedang dalam kondisi ekonomi yang sulit” dan terkena lima kali sanksi PBB sejak pertama kali melakukan uji coba nuklir 2006.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com