Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kudapan “Chiko Roll” Picu Perbedaan Pendapat di Australia

Kompas.com - 16/09/2016, 12:30 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Kudapan chiko roll (sejenis kroket) selama puluhan tahun telah menimbulkan perbedaan pendapat di kalangan masyarakat Australia.

Sekarang kudapan ini pun turut memicu perbedaan sikap di kalangan anggota Parlemen Federal Australia, seperti dilaporkan ABC News.

Sebanyak tiga anggota parlemen federal mengklaim kota mereka – dan hanya kota mereka saja – sebagai daerah asal muasal makanan cemilan yang satu ini.

Persaingan antarkota ini mencuat setelah anggota parlemen dari Partai Nasional asal New South Wales (NSW), Andrew Gee, dalam pidatonya, mempertaruhkan klaim kota Bathurst sebagai daerah asal kudapan chiko roll.

"Jika itu Tic Tac atau Nutella dan Anda mengaku menikmatinya ... mereka pasti dibuat di Lithgow," kata anggota parlemen dari daerah pemilihan Calare tersebut.

"Atau jika anda lebih menyukai kudapan ikonik chiko roll Australia... mereka dibuat di Bathurst."

Sementara politisi dari Bendigo di Victoria dan Wagga Wagga di NSW dengan cepat merespon pernyataan itu dengan menegaskan klaim bahwa makanan olahan itu berasal dari kota mereka.

"Chiko roll ini diluncurkan pada 1951 dalam even Pertunjukan Pertanian Masyarakat Wagga Wagga!” kata anggota parlemen untuk Riverina, Michael McCormack.

"Kami punya di Museum Riverina di Wagga Wagga sebuah chiko roll dari emas yang diberikan kepada kami oleh produsennya sebagai bentuk pengakuan fakta bahwa Wagga Wagga adalah rumah dari chiko roll," kata McCormack.

Sementara anggota parlemen dari Partai Buruh untuk Bendigo, Lisa Chesters, menilai pernyataan ini adalah pencurian identitas chiko coll yang "keterlaluan".

"Ini keterlaluan sekali bahwa anggota parlemen asal NSW... bisa mencoba dan mengklaim kredit untuk chiko roll ... kudapan ini diciptakan di Bendigo oleh warga Bendigo," katanya.

"Saya akan mendesak Partai Nasional untuk melakukan penelitian, setidaknya mulai dengan meneliti bagian belakang kemasan chiko roll yang bertuliskan chiko roll diciptakan di Bendigo."

Australia Plus ABC Michael McCormack dan Andrew Gee sepakat atas daerah asal kudapan chiko roll.
Bagian dari sejarah Australia

Frank McEncroe mengubah wajah menu take away di Australia setelah berhasil menciptakan makanan kudapan chiko roll sekitar tahun 1950.

McEncroe dilahirkan di Castlemaine sebelum akhirnya bekerja di Bendigo sebagai petugas perebuh yang juga menjual makanan di acara-acara pertanian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com