Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Anak di Bawah Umur di India Tercatat sebagai Duda dan Janda

Kompas.com - 15/09/2016, 08:38 WIB

BHOPAL, KOMPAS.com — Hampir 12.105 anak antara 10 dan 14 tahun di India diidentifikasi bercerai dari pernikahan mereka, dan 53,67 persen di antaranya adalah janda anak-anak.

Harian Times of India, Kamis (15/9/2016), melaporkan, data tersebut berdasarkan hasil sensus 2011 dan baru dirilis oleh pemerintah setempat.

Namun, Kantor Panitera Umum dan Komisaris Sensus India tidak dapat menjelaskan dasar hukum atas masalah tersebut.

Petugas tak bisa menjelaskan dasar hukum mengategorikan individu di bawah umur sebagai "bercerai" ketika pernikahan anak-anak di bawah umur itu sendiri sebagai pelanggaran hukum.

Di India, pernikahan anak di bawah umur terjadi di hampir semua negara bagian dan sudah dianggap lumrah meski melanggar hukum federal.

Kasus perceraian dari pernikahan anak di bawah umur paling tinggi terjadi di negara bagian Maharashtra, Uttar Pradesh, Gujarat, Benggala Barat, Bihar, dan Rajasthan.

AK Saxena, salah satu pejabat Direktorat Sensus (Madhya Pradesh), mengatakan, "Ini adalah data lapangan yang tepat menurut hasil pencacah kami."

Pencacahan atau sensus itu dilakukan petugas dengan mendatangi rumah-rumah warga untuk mengumpulkan informasi dan mencatatnya sebagai data yang valid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com