Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jet AS Terbang Dekat Perbatasan Korsel dan Korut

Kompas.com - 13/09/2016, 18:03 WIB

SEOUL, KOMPAS.com – Dua jet pengebom Amerika Serikat terbang di wilayah udara Korea Selatan, Selasa (13/9/2016), sebagai unjuk kekuatan dan tekanan terhadap Korea Utara.

Hal itu dilakukan AS sebagai solidaritas dengan sekutunya, Korsel, setelah Korut melakukan uji coba hulu ledak nuklir kelima, pekan lalu, seperti dilaporkan Reuters.

Dua pesawat pengebom supersonik dan strategis B-1 Lancer, milik AS itu terbang rendah di atas Pangkalan Udara Osan di Korsel, dekat zona demiliterisasi dengan Korut.

Wilayah udara yang menjadi ruang jelajah B-1 Lancer itu berjarak sekitar 77 km dari garis batas kedua negara bertetangga di Semenanjung Korea itu.

Penerbangan itu awalnya akan dilakukan Senin tapi tertunda karena cuaca buruk di Guam, di mana pesawat-pesawat pengebom AS disiagakan untuk Asia Pasifik.

Kantor berita Korsel, Yonhap, mengatakan, angin kencang yang berembus di atas landasan di Guam tidak memungkinkan pesawat pengebomg berat itu untuk lepas landas.

Namun, pada Selasa ini, pesawat berhasil mengudara dan membayangi wilayah udara Korsel dekat perbatasan dengan Korut.

Seorang diplomat AS mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menerapkan lagi sanksi yang lebih tegas kepada Pyongyang menyusul uji coba hulu ledak nuklirnya pekan lalu.

Utusan Khusus AS untuk Korut, Sung Kim, mengatakan, AS tetap membuka dialog penting dengan Pyongyang untuk mengakhiri ambisinya membangun senjata nuklir.

Menurut Kim, “Tujuan kami adalah untuk mengamankan kemungkinan terwujudnya resolusi paling keras (Dewan Keamanan PBB) yang mencakup sanksi baru secepat mungkin" atas Korut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com