Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjual Es Krim Uzur Sumbangkan Uang Santunannya ke Rumah Ibadah

Kompas.com - 13/09/2016, 12:46 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Joel Cervantes Macias sedang berkendara di kawasan Little Italy di Chicago, AS ketika melihat seorang pria dengan tubuh sudah bungkuk mendorong sebuah gerobak es krim.

Joel kemudian menghentikan mobilnya membeli 20 batang es krim dan memberi orangtua itu uang 50 dolar AS atau sekitar Rp 670.000 dan mengambil foto Fidencio Sanchez (89), sang penjual es renta itu.

"Hati saya sangat sedih melihat orang yang seharusnya menikmati hari tua masih harus bekerja sekeras itu," kata Joel.

Saat berhenti itu, Joel sempat berbincang dengan Fidencio yang menceritakan bahwa putri tunggalnya meninggal dunia pada Juli lalu.

Dua tahun sebelumnya, sang istri mengalami cedera bahu dan terpaksa tak bisa menemaninya berjualan es krim setiap hari.

Tersentuh dengan cerita Fidencio, Joel kemudian mengunggah foto pria uzur tersebut ke internet dan memulai upaya penggalangan dana lewat dunia maya.

"Kami mencoba mengumpulkan uang untuk membantu dia berapapun yang kita punya," tulis Joel lewat situs GoFundMe.

"Mari kita sisihkan sedikit untuk membantu kehidupan mereka agar sedikit lebih mudah dan mencerahkan kehidupan suami istri ini," tambah Joel.

Upaya Joel tak sia-sia, dia berhasil mengumpukan dana sebesar 100.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,3 miliar dan rencananya akan diserahkan kepada Fidencio pada akhir pekan ini.

Fidencio sendiri berasal dari Meksiko dan baru kembali bekerja setelah kematian putrinya.

Dan meski mendapatkan santunan cukup banyak dari penggalangan dana yang dilakukan Joel, pria tua ini memutuskan tak akan menyimpan seluruh uang tersebut.

"Sebagian besar akan saya donasikan ke gereja di Chicago dan Meksiko," ujar Fidencio saat diwawancarai Univision Chicago.

Fidencio menambahkan, dia juga belum memutuskan apakah akan berhenti berjualan es krim di jalanan kota Chicago.

"Saya masih butuh udara segar dan keluar dari rumah. Saya sangat suka bekerja dan dengan bekerja sangat membantu saya," ujar Fidencio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com