Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon Pastikan Serangan "Drone" Tewaskan Juru Bicara ISIS

Kompas.com - 13/09/2016, 06:12 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon, Senin (12/9/2016), menegaskan kabar bahwa juru bicara Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Mohamed al-Adnani tewas dalam serangan drone di Suriah utara bulan lalu.

"Serangan itu terjadi di dekat Al Bab, Suriah, meneaskan kepala propaganda, perekrut dan perancang operasi terorisme eksternal ISIS," kata sekretaris pers Pentagon, Peter Cook.

"Ini adalah satu dari serangkan serangan yang sukses menewaskan pemimpin ISIS, termasuk mereka yang bertanggung jawab atas keuangan dan perencanaan militer, sehingga semakin menyulitkan ISIS untuk beroperasi," ujar Cook.

Serangan yang digelar pada 30 Agustus lalu itu dilakukan drone Predator yang menembakkan rudal Hellfire terhadap mobil yang digunakan Al-Adnani.

Pentagon menambahkan, Al-Adnani adalah juru bicara utama ISIS dan dia juga berperan penting dalam sejumlah serangan termasuk di Paris, Brussels dan Istanbul.

Al-Adnani juga diyakini terlibat merancang serangan di sebuah kafe di Banglades, menjatuhkan sebuah pesawat komersial Rusia di Sinai dan bom bunuh diri di Ankara.

Cook juga pernah menyebut Adnani juga menjadi kordinator pergerakan anggota ISIS, mendorong serangan individu terhadap warga sipil dan aparat keamanan serta aktif merekrut anggota ISIS baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com