Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Rusia Terbang 3 Meter dari Pesawat AS

Kompas.com - 08/09/2016, 20:59 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat tempur Rusia terbang dalam jarak sekitar tiga meter dari salah satu pesawat pengintai Amerika Serikat yang beroperasi di Laut Hitam. Demikian penjelasan Pentagon.

Para pejabat AS menyebut, manuver pesawat Su-27 pada Rabu (7/9/2016) itu adalah tindakan berbahaya dan tidak profesional dari Rusia.

Sebaliknya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pesawat AS itu mengarah ke wilayah Rusia dan pilot Su-27 justru mematuhi aturan internasional.

Juru bicara Pentagon Kapten Jeff Davis mengatakan, pesawat angkatan laut AS P-8A Poseidon sedang melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional ketika jet tempur Rusia membuat manuver yang membahayakan.

"Tindakan ini berpotensi untuk secara tidak perlu meningkatkan ketegangan, dan bisa mengakibatkan kesalahan perhitungan atau kecelakaan," kata Davis.

Seorang pejabat pertahanan AS yang dikutip kantor berita AFP mengatakan pesawat tempur Rusia itu terbang dalam jarak 10 meter, sebelum kemudian merapat hingga hanya berjarak tiga meter saja.

Namun, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan jet-jet tempur mereka melakukan pencegatan karena pesawat AS itu mengarah ke wilayah mereka dengan mematikan sinyal transponder,  perangkat yang membantu pihak lain untuk mengidentifikasi sebuah pesawat.

"Setelah pesawat-pesawat Rusia terbang lebih dekat ke pesawat mata-mata itu untuk mendapatkan konfirmasi visual dan mengidentifikasi nomor sayap mereka, pesawat Amerika itu mengubah arah secara tajam dan terbang menjauh," kata sebuah pernyataan Rusia.

"Pilot-pilot Rusia sudah bertindak dalam kepatuhan terhadap aturan penerbangan internasional," tambah pernyataan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com