Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geng Narkoba Tembak Jatuh Helikopter Polisi, Empat Orang Tewas

Kompas.com - 07/09/2016, 08:46 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com – Geng narkoba menembak sebuah helikopter polisi yang sedang berpatroli di Negara Bagian Michoacan, Meksiko barat, Selasa (6/9/2016) sehingga empat polisi tewas.

Peristiwa nahas yang menimpa helikopter polisi ini merupakan yang kedua dan belum pernah terjadi sejak penembakan pertama tahun 2015.

Seiring meningkatnya perang terhadap peredaran narkoba, aksi perlawanan dari para bandit pun meningkat, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Gubernur Michoacan, Silvano Aureoles, berkicau di akun Twitter-nya dengan mengatakan, helikopter itu sedang mendukung operasi penangkapan terhadap para pemimpin geng kriminal.

Namun, kata Aureoles, helikopter yang membawa lima orang (satu pilot dan empat polisi) ditembak jatuh oleh para bandit narkoba itu. Empat polisi tewas dan seorang lagi terluka parah.

Aureoles tidak merinci bagaimana helikopter itu ditembak jatuh di Apatzingan, kota yang terletak di Tierra Caliente, wilayah yang paling bergolak karena kekerasan narkoba serta mewabahnya praktik main hakim sendiri.

“Dalam rangka tanggung jawab untuk melindungi warga negara, negara bagian dan federal tidak akan menyerah dalam perang frontal melawan kejahatan," kicau sang gubernur.

Pada tahun 2015, geng narkoba juga menembak jatu helikopter polisi di Meksiko.

Kartel obat bius Jalisco New Generation ketika itu menggunakan peluncur roket untuk menembak jatuh satu helikopter militer sehingga semua  delapan orang di dalamnya tewas.

Sedangkan pekan ini polisi menggelar operasi di Michoacan. Tujuannya untuk memberhangus kartel nerkoba Knights Templar di Tierra Caliente yang telah membangun pasukan keamanan sendiri sejak tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com