Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapi Tudingan Khamenei, Ulama Besar Saudi Bilang Iran “Bukan Muslim”

Kompas.com - 06/09/2016, 21:45 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Ulama besar Arab Saudi, Abdulaziz al-Sheikh, Selasa (6/9/2016) menyebutkan, Iran “bukan muslim”, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Sheikh mengatakan hal itu untuk menanggapi tudingan Pemimpin Spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei bahwa Riyadh “membunuh” jemaah haji dalam tragedi Mina tahun 2015.

“Kita harus mengerti mereka ini bukan muslim. Mereka adalah anak-anak dari agama primitif dan permusuhan mereka terhadap muslim sudah sejak lama,” kata Sheikh kepada harian Makkah.

Khamenei sebelumnya mengatakan, otoritas Arab Saudi "membunuh" jemaah haji dalam insiden panik massal di Mina yang merenggut 2.426 korban jiwa.

“Pemerintah Arab Saudi mengurung korban luka dalam sebuah kontainer bersama jenazah,” kata Khamenei dalam sebuah pernyataan di situs pribadinya seperti dirilis Deutche Welle.

Pemimpin Spritual Iran itu mengecam Arab Saudi yang dinilainya "enggan meminta maaf, terlebih tanpa malu menolak pembentukan komite pencari fakta internasional."

Ia juga mendesak agar umat muslim "berpikir ulang tentang manajemen dua kota suci dan penyelenggaran haji."

Penerus tahta Arab Saudi dan Menteri Dalam Negeri, Muhammad bin Nayef, mengklaim Iran berupaya mempolitisasi ibadah haji.

Sementara pejabat tinggi Arab Saudi di Riyadh menyebut tudingan Khemenei merefleksikan rendahnya moral Teheran.

"Tudingan itu tidak cuma tanpa bukti, tapi juga dibuat untuk propaganda mereka yang tidak etis," kata Abdul Mohsen Alyas, Wakil Menteri Kebudayaan dan Informasi di Riyadh.

"Arab Saudi siap melayani jemaah haji dan menjamin keselamatan dan kenyamanan mereka," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com