Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 10 Kereta Api Tercepat di Dunia

Kompas.com - 06/09/2016, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Beberapa negara di dunia telah mengoperasikan kereta api cepat yang menawarkan kenyamanan selain dan penghematan waktu perjalanan.

Dengan menggunakan kereta cepat ini, jarak beberapa ratus kilometer bisa ditempuh hanya dalam hitungan beberapa jam saja. Berikut daftar 19 kereta api tercepat di dunia.

10. THSR 700T (Taiwan)

Kereta api ini mulai beroperasi pada Januari 2007 ini memiliki kecepatan maksimum hampir 300 kilometer per jam.

Dengan kecepatan ini, perjalanan dari kota Taipei dan Kaohsiung (362 km) yang dahulu butuh waktu 4,5 jam kini cukup ditempuh dalam 90 menit.

Kereta api buatan Jepang ini memiliki akselerasi kecepatan dari 0 menuju 300 kilometer per jam hanya dalam 15 menit.

Kereta api cepat ini biasanya dibagi dalam kelas bisnis dan ekonomi. Di kelas bisnis bisa menampung 92 penumpang dan kelas ekonomi 923 orang penumpang.

9. ETR 500 Frecciarossa (Italia)

Frecciarossa adalah kereta api tercepat di Italia yang dioperasikan perusahaan Trenitalia. Kereta ini memiliki kecepatan maksimum 300 kilometer per jam dan melayani perjalanan antara Milan, Roma dan Napoli.

Saat ini tersedia 28 perjalanan non-stop dari Milan menuju Roma sejauh kurang lebih 620 kilometer yang bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam 40 menit.

Frecciarossa terbagi atas kelas standar, premium, bisnis dan eksekutif. Selain cepat dan nyaman, keeta ini juga kedap suara dan menyediakan layanan wi-fi gratis.

8. SNCF TGV Duplex (Perancis)

TGV duplex adalah kereta api tercepat di Perancis dengan kemampuan melaju hingga 319 kilometer per jam.

Kereta bertingkat yang beroperasi sejak Desember 2011 ini menghubungkan seluruh kota besar di Perancis dan dianggap sebagai salah satu kereta api ternyaman di Eropa.

Layanan kereta api ini terbagi atas kelas standar, kelas utama dan TGV Pro. Di kelas standar tersedia kursi yang nyaman, mesin makanan ringan dan bar prasmanan.

Di kelas utama, penumpang mendapat kursi yang lebih nyaman, lampu baca individual dan soket untuk perlatan elektronik.

Sedangkan di kelas TGV Pro, kursi penumpang jauh lebih nyaman dan lebar, mendapatkan minuman gratis, wi-fi gratis, koran dan majalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com